yoldash.net

Sutradara Beber di Balik Dapur Visual Effects Godzilla Minus One - Halaman 2

Yamazaki Takashi selaku penulis, sutradara, dan pengawas VFX menjelaskan di balik dapur pengerjaan efek visual film Godzilla Minus One.
Yamazaki Takashi selaku penulis, sutradara, dan pengawas VFX menjelaskan di balik dapur pengerjaan efek visual film Godzilla Minus One. (Toho Co., Ltd)

Yamazaki juga menjawab soal kekhawatiran apakah timnya mendapatkan kompensasi yang setimpal dengan pekerjaannya. Ia mengatakan meskipun gaji tim VFX relatif kecil di industri perfilman Jepang, Yamazaki berusaha untuk membuat lingkungan pekerjaan tetap nyaman dan aman bagi mereka.

Dilansir The Japan Times, sutradara berusia 59 tahun ini membuat kantornya direnovasi, memperbesar dapur, hingga memanggil koki sushi ke kantor.

"Kami berusaha keras untuk menghindari lembur. Tapi, jika terpaksa, ini merupakan lingkungan yang sangat nyaman untuk menghabiskan beberapa jam ekstra," ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT

Dengan bujet produksi yang sangat terbatas, Yamazaki tidak membantah bahwa ada keterbatasan dalam membangun set asli di lokasi syuting. Sehingga, banyak dari set itu dibuat secara digital.

Godzilla Minus One memiliki banyak adegan di air dan kapal. Untuk mengambil gambar di kapal, misalnya, Yamazaki mengaku hanya membuat satu bagian dari kapal. Sedangkan, bagian kapal lain dan pemandangan sekitarnya dibangun lewat efek visual.

Film Jepang, Godzilla Minus One (2023).Gambar close-up Godzilla saat menyerang Ginza, Jepang. (dok. Twitter @godzilla231103)

"Ketika mengambil gambar kapal terkena ombak besar, sudah biasa bagi Hollywood untuk membuat set menggunakan silinder hidrolik," katanya.

"Namun, kami tidak punya bujet untuk itu. Kami mengombinasikan crane dan akting para aktor untuk membuat ilusi gerakan," lanjutnya.

Kemudian, soal unsur paling penting dari Godzilla Minus One. Penciptaan Godzilla itu sendiri. Yamazaki bekerja sama dengan Kosuke Taguchi dan pematung dalam menciptakan desain Godzilla.

Yamazaki dan tim bisa membuat desain Godzilla lebih mendetail karena monster itu dibuat secara detail. Sesuatu yang lebih menguntungkan daripada dibuat tangan.

"Agar bisa menahan gambar close-up, Godzilla diciptakan dengan resolusi gambar yang luar biasa," jelas Yamazaki.

Yamazaki mengatakan efek visual dalam Godzilla Minus One merupakan hasil dari usaha menyatukan antara inovasi dan usaha.

"Teknik tradisional dan digital memperluas kemungkinan ekspresi visual. Di kasus Godzilla Minus One, menciptakan karya hasil tangan terasa unik dalam film," pungkas Takashi Yamazaki.

[Gambas:Youtube]



(pra/pra)

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat