yoldash.net

Warren Buffet Ubah Wasiat, Kini Setop Danai Yayasan Bill Gates

Warren Buffett baru saja mengubah surat wasiat yang menyatakan cara aset dan kekayaannya bisa dihabiskan.
Warren Buffett baru saja mengubah surat wasiat yang menyatakan cara aset dan kekayaannya bisa dihabiskan. (AFP/JOHANNES EISELE)

Jakarta, Indonesia --

Warren Buffett baru saja mengubah surat wasiat yang menyatakan cara aset dan kekayaannya bisa dihabiskan.

Buffett, 93, ketua Berkshire Hathaway, mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa dia tidak berencana melanjutkan sumbangan ke yayasan Bill & Melinda Gates setelah dia meninggal.

Dia akan menaruh kekayaannya di lembaga amal baru yang diawasi oleh ketiga anaknya, katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"The Gates Foundation tidak punya dana setelah kematian saya," kata Buffett kepada Journal.

Buffett mengatakan kepada Journal bahwa dia telah mengubah surat wasiatnya beberapa kali, dan dia menyusun rencana terbaru tersebut karena percaya pada anak-anaknya dan bagaimana mereka akan mendistribusikan kekayaannya.

ADVERTISEMENT

Setiap anak Buffett memiliki organisasi filantropinya masing-masing.

"Saya merasa nilai-nilai hidup ketiga anak saya sangat baik, dan saya memiliki kepercayaan 100% cara mereka melaksanakan sesuatu," kata Buffett, seperti dikutip dari CNN.

Sebelumnya, surat wasiat Buffett menyebutkan bahwa lebih dari 99% tanah miliknya diperuntukkan bagi kegiatan filantropis kepada Bill & Melinda Gates Foundation, dan empat badan amal yang berhubungan dengan keluarga Buffett sendiri: Susan Thompson Buffett Foundation, Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Yayasan dan Yayasan NoVo.

Namun Buffett masih akan berdonasi ke yayasan Bill & Melinda Gates selama ia masih hidup.

Berkshire Hathaway pada Jumat mengatakan bahwa Buffett mengkonversi sekitar 9,000 saham Kelas A menjadi lebih dari 13 juta saham Kelas B. Sekitar 9,3 juta saham akan disumbangkan ke Bill & Melinda Gates Foundation Trust, dan sisanya dibagi ke empat badan amal keluarga Buffett.

"Warren Buffett sangat bermurah hati kepada Gates Foundation melalui kontribusi dan nasihatnya selama lebih dari 18 tahun," kata Mark Suzman, kepala eksekutif yayasan tersebut, dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

"Kami sangat berterima kasih atas hadiah dan kontribusi terbarunya yang berjumlah sekitar $43 miliar untuk pekerjaan kami." 

Tahun lalu, Buffett juga menyumbangkan sekitar $870 juta ke empat badan amal yang dijalankan oleh keluarganya, dan sekitar $750 juta kepada Yayasan Bill & Melinda Gates pada tahun 2022.

Menyusul donasi yang baru diumumkan, Buffett kini masih memiliki memiliki 207,963 saham Berkshire Hathaway Kelas A dan 2,586 saham Kelas B. Sahamnya bernilai sekitar $128 miliar.

(vws)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat