yoldash.net

Norwegia Bakal Kirim Rp1,6 T ke Ukraina untuk Perbaikan Listrik

Norwegia akan mengirimkan bantuan dana ke Ukraina untuk perbaikan infrastruktur energi demi memastikan pasokan listrik jelang musim dingin.
Ilustrasi serangan Rusia di Ukraina. Norwegia akan mengirimkan bantuan dana ke Ukraina untuk perbaikan infrastruktur energi demi memastikan pasokan listrik jelang musim dingin. (REUTERS/Stringer)

Jakarta, Indonesia --

Norwegia mengatakan mereka akan memberikan bantuan sekitar 103 juta Dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,6 triliun kepada Ukraina untuk perbaikan infrastruktur energi. Hal ini demi memastikan pasokan listrik di Ukraina sebelum memasuki musim dingin.

"Rusia melakukan serangan besar-besaran dan sistematis untuk melumpuhkan jaringan listrik. Namun, Ukraina bekerja siang dan malam untuk menjaga pasokan listrik bagi penduduknya," kata Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store dalam pernyataan, dikutip dari AFP, Minggu (16/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut perkiraan terkini, lebih dari 50 persen kapasitas produksi listrik Ukraina telah hancur. Store menyatakan Norwegia tengah berdiskusi intens dengan pemerintah Ukraina soal bantuan dana tersebut.

"Kami sedang melakukan dialog intens dengan Ukraina mengenai bagaimana mereka dapat menggunakan dana ini secara efektif. Ukraina sendiri yang paling tahu mengenai apa yang dibutuhkan," ujarnya.

Store menuturkan bantuan sekitar Rp186,14 miliar diputuskan akan digunakan untuk perbaikan di wilayah Kharkiv. Panel surya akan dipasang di tujuh unit bersalin dan ruang operasi di wilayah Kharkiv.

Pada 2022, Norwegia menyediakan dana sebesar 2,1 miliar Krone atau sekitar Rp3,2 triliun untuk sektor energi Ukraina, dan 1,9 miliar Krone atau sekitar Rp2,9 triliun pada 2023.

Norwegia telah menjanjikan bantuan militer dan sipil sebesar 75 miliar Krone (Rp115 triliun) kepada Ukraina untuk periode 2023-2027. Dana dialokasikan setiap tahun sesuai dengan kebutuhan Ukraina.

(tim/tsa)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat