yoldash.net

Pendaftaran CPNS Ramai di Medsos Dibuka 15 Juli, Ini Penjelasan BKN

Ramai di media sosial pendaftaran CPNS dibuka mulai 15 Juli 2024. Namun BKN menjelaskan pendaftaran masih menunggu pembukaan resmi Kemen-PANRB.
Ramai di media sosial pendaftaran CPNS dibuka mulai 15 Juli 2024. Namun BKN menjelaskan pendaftaran masih menunggu pembukaan resmi Kemen-PANRB. (ANTARA FOTO/Maulana Surya).

Jakarta, Indonesia --

Ramai di media sosial pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka mulai 15 Juli 2024.

Dalam satu unggahan di TikTok, pengunggah menyebut pendaftaran periode I untuk sekolah kedinasan telah ditutup. Oleh karena itu, tinggal menunggu pembukaan periode II untuk calon aparatur sipil negara (CASN) kementerian dan lembaga.

"Periode II, coming very soon!" tulis unggahan itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tampak dalam unggahan pengumuman seleksi CPNS berlangsung mulai 15-29 Juli 2024. Sedangkan, pendaftaran dimulai pada 16 Juli sampai dengan 5 Agustus 2024.

Selanjutnya, seleksi administrasi dijadwalkan 16 Juli sampai dengan 11 Agustus 2024. Hingga pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS disebut berlangsung pada 1-2 November 2024.

ADVERTISEMENT

Lantas, apakah benar pendaftaran CPNS dimulai 15 Juli?

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan pihaknya hingga saat ini belum mengumumkan kapan pendaftaran CPNS dimulai.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," kata dia kepada Indonesia.com, Rabu (26/6).

Vino menuturkan setelah kelak pembukaan diumumkan, pihaknya akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per-tahapannya. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

"Silakan ditunggu informasinya," ucapnya.

Kementerian PANRB memang menargetkan seleksi CPNS 2024 dibuka pada Juli mendatang. Seleksi bakal dibuka usai penetapan formasi yang diharapkan rampung Juni ini.

Namun, jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

"Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa ini (buka seleksi), tapi kita belum tau ya kapan ininya, masih nunggu penetapan dari pak menteri (PAN-RB)," kata Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini di Gedung DPR, Rabu (12/6).

Rini mengatakan seluruh instansi sudah mengusulkan formasi ASN yang dibutuhkan. Saat ini BKN sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan.

"Nah ini kita masih menunggu nanti kalau memang itu sudah klop maka kita akan melakukan penetapan (formasi)," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat