yoldash.net

Rupiah Melemah ke Rp16.396 Jelang Pidato Bos The Fed

Nilai tukar rupiah berada di level Rp16.396 per dolar AS pada Selasa (2/7) sore jelang pidato gubernur The Fed malam nanti.
Nilai tukar rupiah berada di level Rp16.396 per dolar AS pada Selasa (2/7) sore jelang pidato gubernur The Fed malam nanti. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Nilai tukar rupiah berada di level Rp16.396 per dolar AS pada Selasa (2/7) sore. Mata uang Garuda melemah 75 poin atau 0,46 persen dari perdagangan sebelumnya.

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp16.384 per dolar AS.

Mata uang di kawasan Asia kompak berada di zona merah. Yen Jepang melemah 0,09 persen, baht Thailand melemah 0,30 persen, yuan China melemah 0,04 persen, peso Filipina melemah 0,27 persen, dan won Korea Selatan melemah 0,41 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dolar Singapura juga melemah 0,06 persen dan dolar Hong Kong terpantau melemah 0,01 persen pada penutupan perdagangan sore ini.

ADVERTISEMENT

Senada, mata uang utama negara maju juga kompak berada di zona merah. Tercatat euro Eropa melemah 0,20 persen, poundsterling Inggris melemah 0,15 persen, dan franc Swiss melemah 0,14 persen.

Sedangkan, dolar Australia turun 0,18 persen, dan dolar Kanada juga melemah 0,01 persen.

Analis Pasar Lukman Leong mengatakan pelemahan rupiah didorong oleh penantian hasil FOMC meeting yang akan diumumkan pada malam ini.

"Rupiah dan mata uang utama dunia maupun regional serempak melemah terhadap dolar AS yang melanjutkan penguatan oleh antisipasi pernyataan hawkish dari kepala the Fed Powell yang akan memberikan pidato malam ini," ujar Lukman kepada Indonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat