yoldash.net

Kemendag Musnahkan Baja Tulang Tak Sesuai SNI Rp257 M

Kemendag musnahkan baja tulangan beton tak sesuai SNI senilai Rp257,24 miliar di Kawasan Modern Cikande, Serang, Banten, Jumat (26/4).
Kemendag musnahkan baja tulangan beton tak sesuai SNI senilai Rp257,24 miliar di Kawasan Modern Cikande, Serang, Banten, Jumat (26/4). (Foto: CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)

Jakarta, Indonesia --

Kementerian Perdagangan (Kemendag) musnahkan lebih dari 3,6 juta baja tulangan beton senilai Rp257,24 miliar di Kawasan Modern Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (26/4).

Pemusnahan dilakukan lantaran produksi baja tulangan beton tersebut tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) 2052:2017 dan legalitas produk, berupa Sertifikat Pengguna Produk Tanda SNI (SPPT-SNI) serta Nomor Pendaftaran Barang (NPB).

Lebih rinci, produk yang dimusnahkan terdiri dari 116 jenis ukuran dan merek dengan total 3.608.263 batang atau seberat 27.078 ton.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyebut pihaknya sudah melakukan pengawasan khusus pada 6 Maret.

ADVERTISEMENT

Hasilnya, Kemendag menemukan PT Hwa Hok Steel (HHS) telah memproduksi produk baja tulangan beton yang tak memenuhi syarat SNI.

"Produk baja tulangan beton yang tidak memenuhi SNI sangat berbahaya dan merugikan konsumen," ujar dia melalui keterangan resmi.

Menurut dia, hal itu dapat mengganggu industri dalam negeri serta merugikan masyarakat karena produksinya menimbulkan polusi.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat