yoldash.net

Airlangga Bertemu Menlu Singapura Vivian Balakrishnan, Bahas IKN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. (Dok: Kemenko Perekonomian).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Vivian datang ke Kantor Airlangga di Jakarta Pusat pada Selasa (23/4). Pertemuan keduanya merupakan bagian dari persiapan Leaders' Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada 29 April 2024 mendatang.

"Pemerintah Indonesia terus mendukung hubungan yang kuat dengan Singapura, baik secara bilateral maupun dalam kerangka ASEAN untuk pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kawasan," kata Airlangga dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (24/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga dan Vivian juga membahas berbagai kerja sama lain antara kedua negara. Ada green energy yang mencakup solar farm, carbon capture storage (CCS), pengembangan Kawasan Batam-Bintan-Karimun, digital connectivity, dan data center.

ADVERTISEMENT

Keduanya optimistis hubungan ekonomi Indonesia-Singapura terus terjalin kuat. Ini diklaim bisa dicapai melalui berbagai kerja sama bilateral potensial.

"Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa data center akan banyak dibangun di sekitar Ibu Kota Nusantara untuk mendukung pembangunannya yang mengusung konsep modern dan digitalized," tulis rilis Kemenko Perekonomian.

Kerja sama strategis lain yang ditekankan adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ini akan ditempuh melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talent di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang healthcare.

Menko Airlangga dan Menlu Singapura Vivian juga bertukar pandangan mengenai aksesi Indonesia dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) serta dinamika geopolitik di Timur Tengah, terutama dalam konteks ekonomi. Menlu Vivian diklaim yakin aksesi Indonesia ke OECD akan berjalan dengan lancar.

Di lain sisi, Menlu Vivian juga baru bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ia bertemu di tengah kunjungan LBP ke Singapura.

"Selain bertemu dengan kedua pejabat (Lee Hsien Loong dan Deputi Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong) penting di Singapura, saya juga bertemu dengan sahabat lama Mr. @vivianbalakrishnan di sela-sela waktu luang yang saya manfaatkan untuk cek kesehatan berkala," jelas Luhut di Instagram pribadinya, Rabu (24/4).

"Jika kekuatan tersebut dieksplorasi lebih luas lagi, saya yakin akan menciptakan peluang besar bukan hanya bagi kedua negara, tetapi juga kawasan Asia Tenggara," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat