yoldash.net

Riset IPSOS: Shopee Jadi E-Commerce dengan Kepuasan Konsumen Tertinggi

Prioritaskan Kepuasan Konsumen, Riset IPSOS mengungkapkan bahwa Shopee jadi sebuah E-Commerce Paling Direkomendasikan oleh masyarakat Indonesia dalam belanja.
Riset IPSOS Terbaru Ungkap Shopee Sebagai E-Commerce dengan Kepuasan Pengguna Paling Tinggi. (Foto: Arsip Istimewa)

Jakarta, Indonesia --

Perusahaan riset pasar, IPSOS merilis hasil riset terbaru bertajuk "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce". Riset ini melibatkan responden yang rutin belanja online melalui berbagai e-commerce di Indonesia.

Dalam risetnya, IPSOS menggunakan Online Panel dan menemukan Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online.

Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data. Berdasarkan data, 62% Shopee menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya.

Kemudian, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan.

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, sejak kehadiran platform e-commerce, kecenderungan masyarakat memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang.

"Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut," katanya dikutip Senin (24/6).

Kemudian, riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 ini mengungkap beberapa temuan menarik yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online.

Temuan riset ini mengungkap bahwa Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maka dari itu, kata dia, tidak heran jika Program "Garansi Tepat Waktu" menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya.

Bahkan, program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, layanan Garansi Bebas Pengembalian pun demikian. Sebanyak 66% pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan Tiktok Shop (8%).

"Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal jauh lebih luas oleh 77% responden, jauh di atas program serupa dari platform e-commerce lainnya, seperti pada Tokopedia (47%), Lazada (44%), dan TikTok Shop (31%)," ujarnya.

SHOPEEFoto: Arsip Istimewa

Menghadirkan Pengalaman Belanja Secara Holistik

Di samping menjamin pengiriman dan pengembalian pesanan, e-commerce juga mengembangkan berbagai aspek yang telah lebih awal menarik hati pengguna dan sangat berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online.

Untuk diteliti secara komprehensif, berikut aspek-aspek disertai dengan skor kepuasaan yang diraih oleh setiap e-commerce, dengan Skor paling tinggi di angka 5:

1. Dalam ragam pilihan metode pembayaran Shopee mendapat skor 4.38, diikuti Tokopedia 4.23, Lazada 4.26, dan TikTok Shop 4.16.

2. Dalam pilihan metode pembayaran COD, Shopee mendapat skor 4.36, diikuti Tokopedia 3.91, Lazada 4.27, dan TikTok Shop 4.19.

3. Kategori beragam, Shopee mendapat skor 4.31, diikuti Tokopedia 4.10, Lazada 4.06, dan TikTok Shop 3.91.

4. Pilihan barang dengan harga termurah, Shopee mendapat skor 4.31, diikuti Tokopedia 3.92, Lazada 4.18, dan TikTok Shop 4.12.

5. Ragam pilihan layanan pengiriman Shopee mendapat skor 4.20, diikuti Tokopedia 4.10, Lazada 4.10, dan TikTok Shop 4.02.

6. Kecepatan pengiriman Shopee mendapat skor 4.17, diikuti Tokopedia 4.00, Lazada 4.12, dan TikTok Shop 4.00.

7. Estimasi waktu pengiriman, Shopee mendapat skor 4.14, diikuti Tokopedia 4.01, Lazada 4.10, dan TikTok Shop 4.01.

8. Layanan Paylater, Shopee mendapat skor 3.96, diikuti Tokopedia 3.78, Lazada 3.87, dan TikTok Shop 3.59.

9. Kompensasi keterlambatan pengiriman, Shopee mendapat skor 3.94, diikuti Tokopedia 3.64, Lazada 3.78, dan TikTok Shop 3.77.

10. Proses pengembalian barang, Shopee mendapat skor 3.92, diikuti Tokopedia 3.89, Lazada 3.90, dan TikTok Shop 3.79.

11. Batas waktu pengajuan pengembalian barang, Shopee mendapat skor 3.87, diikuti Tokopedia 3.83, Lazada 3.87, dan TikTok Shop 3.84.

Sebagai catatan, data merupakan angka rata-rata kepuasan dari skala 1-5, dengan skala 1 tidak puas dan 5 sangat puas.

"Dari data di atas, terlihat bahwa Shopee mengungguli semua aspek yang dicari ketika berbelanja melalui platform e-commerce, jauh melampaui platform lainnya," ujarnya.

SHOPEE
Foto: Arsip Istimewa

Menelaah lebih lanjut, berikut beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:

  • Salah satu kemudahan yang ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari ragam metode pembayaran. Sebanyak 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

    Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD) dimana Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66% diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.

  • Selain kelengkapan produk, konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah, dengan Shopee yang memimpin di angka 64%, jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%).

  • Kini, fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja. IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

Selain itu, keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan juga dipengaruhi oleh posisi Shopee yang unggul dalam indikator lainnya, di antaranya:

1. Aplikasi belanja online atau E-commerce dengan layanan pembayaran Paylater terbaik, Shopee mendapat 69%, diikuti Tokopedia 14%, Lazada 9%, dan TikTok Shop 6%.

2. Aplikasi belanja online atau E-commerce dengan pengiriman COD terbaik, Shopee mendapat 66%, diikuti Tokopedia 12%, Lazada 12%, dan TikTok Shop 10%.

3. Aplikasi belanja online atau E-commerce dengan proses pengembalian barang termudah, Shopee mendapat 65%, diikuti Tokopedia 14%, Lazada 12%, dan TikTok Shop 8%.

4. Aplikasi belanja online atau E-commerce dengan batas waktu pengajuan pengembalian barang paling fleksibel, Shopee mendapat 64%, diikuti Tokopedia 16%, Lazada 11%, dan TikTok Shop 8%.

5. Aplikasi belanja online atau E-commerce dengan estimasi pengiriman yang paling akurat, Shopee mendapat 63%, diikuti Tokopedia 15%, Lazada 13%, dan TikTok Shop 8%.

Menurut Andi, beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini. Di mana para pemain e-commerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat.

"Melalui data yang ditemukan oleh IPSOS, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang unggul dalam upaya menghadirkan pengalaman belanja holistik paling memuaskan bagi pengguna," Andi.

(inh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat