yoldash.net

Menata Hidup dan Mencari Penghasilan Baru Bagi Korban PHK - Halaman 2

Perencana keuangan memberikan masukan tentang cara menata hidup dan mencari penghasilan baru usai menjadi korban PHK.
Perencana keuangan memberikan masukan tentang cara menata hidup dan mencari penghasilan baru usai menjadi korban PHK. Ilustrasi. (AFP/JADE GAO).

Usaha Jastip

Sementara itu, Perencana Keuangan OneShildt Financial Planning Budi Rahardjo mengatakan pekerja korban PHK juga bisa membuka usaha jasa titipan alias jastip.

Menurutnya, dibalik kesibukan masyarakat perkotaan, bisnis jastip ini juga menarik untuk dijalani. Dengan menarik sejumlah biaya untuk titip belanja dari setiap item barang yang dibeli, tidak sedikit nilai yang dapat dikantongi oleh pebisnis jastip.

"Biasanya pebisnis jastip sudah memiliki segmen konsumen tertentu dari kolega atau kerabat yang ia kenal, misalnya jastip kosmetik di suatu pameran kosmetik," kata Budi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut semakin besar pesanan yang diterima, maka semakin besar juga uang jasa yang diperoleh.

ADVERTISEMENT

Affiliate e-commerce

Budi mengatakan pekerja juga bisa membuka usaha affiliate e-commerce. Ini adalah kegiatan yang menghubungkan calon pembeli dengan produk melalui link referral khusus.

Program affiliate e-commerce biasanya digunakan e-commerce untuk menggandeng masyarakat agar ikut mempromosikan produk dengan pemberian imbalan.

"Di berbagai platform e-commerce, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi afiliator," kata Budi.

Dengan bermodalkan internet dan ponsel pintar, maka usaha afiliator ini dapat dijalankan tanpa harus memiliki stok barang dan dapat menawarkan produk apa saja yang bisa ditawarkan.

Agen asuransi

Budi mengatakan usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerja yang terkena PHK. Menurutnya, pelaku usaha agen asuransi akan memperoleh komisi penjualan dari setiap produk yang dia jual.

"Menariknya adalah usaha ini hampir tidak memerlukan modal yang besar dan dapat dilakukan di mana saja dengan network yang ia miliki," jelasnya.

Mengingat asuransi adalah salah satu kebutuhan keuangan keluarga untuk mendapatkan perlindungan saat risiko terjadi, maka semakin besar kesadaran masyarakat berasuransi maka akan semakin besar kebutuhan akan asuransi.



(sfr/sfr)

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat