yoldash.net

Sukses Jaga Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 CMS

Melalui penerapan ISO 22301, perusahaan meningkatkan kepercayaan bahwa BRI handal di beragam kondisi, baik yang terprediksi maupun yang tidak terprediksi.
BRI resmi menerima sertifikasi ISO 22301:2219 BCMS (Business Continuity Management System) pada Jumat (19/4). (Foto: arsip foto BRI)

Jakarta, Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI resmi menerima sertifikasi ISO 22301:2219 BCMS (Business Continuity Management System) pada Jumat (19/4).

Sertifikat tersebut menjadi standar keberlangsungan usaha operasional sesuai standar operasional banking financial transaction, sejalan seperti yang berlaku di seluruh dunia guna menjaga keberlangsungan serta memastikan keberlanjutan usaha.

Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto mengatakan, penerimaan sertifikasi ISO 22301:2019 BCMS ini menjadi pencapaian yang membanggakan. Dirinya menegaskan, BRI akan terus meningkatkan sistem manajemen kontinuitas bisnis guna memastikan operasional yang lancar dan kepuasan nasabah yang lebih baik di masa depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selain itu, dalam jangka panjang melalui penerapan ISO 22301, maka perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan, bahwa bisnis tersebut handal dalam menghadapi kondisi-kondisi baik yang terprediksi maupun kondisi yang tidak terprediksi, khususnya di era disrupsi saat ini," kata Agus.

Ke depannya, ISO 22301 akan menciptakan standar yang dapat membantu perusahaan mengintegrasikan proses bisnis terbaik dalam BCMS (Business Continuity Management System), sekaligus menyelaraskannya dengan regulasi yang berlaku.

ADVERTISEMENT

Pada saat bersamaan, sertifikasi ISO 22301 juga merupakan upaya preventif menghadapi risiko dan kejadian darurat untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan. Setelah mendapatkan sertifikasi ini, BRI berkomitmen melanjutkan menjaga serta mempertahankan kualitas dan standar penerapan BCMS, khususnya terkait banking financial transaction sebagai ruang lingkup ISO.

Adapun wujud upaya menjaga standar ISO BCMS 22301 antara lain melalui pelaksanaan Audit Surveillance yang akan diselenggarakan maksimal satu tahun sejak BRI mendapatkan sertifikat ISO BCMS 2230.

"Ke depan nanti diharapkan perlu adanya perluasan ruang lingkup ISO BCMS 22301 untuk memastikan di setiap aspek kritikal dari proses bisnis Bank sudah memiliki penerapan Business Continuity Management yang baik dan terstandar," kata Agus.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat