yoldash.net

Korut Kirim Lagi 350 Balon Isi Parasit-Sampah Kertas ke Korsel

Korut kembali mengirim ratusan balon berisi sampah kertas ke perbatasan Korsel pada Senin (24/6).
Korut kembali kirim 300 balon isi sampah ke Korut pada Senin (24/6). Foto: via REUTERS/YONHAP NEWS AGENCY

Jakarta, Indonesia --

Korea Utara kembali mengirimkan ratusan balon berisi sampah ke perbatasan Korea Selatan pada Senin (24/6) malam waktu setempat.

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS), mengatakan Pyongyang mengirimkan sekitar 350 balon pada Senin malam. Dari ratusan balon itu, 100 di antaranya mendarat di Korsel, terutama di wilayah Gyeonggi utara dan ibu kota Seoul.

Menurut pengamatan JCS, kantong-kantong yang menempel pada balon-balon tersebut sebagian besar berisi limbah kertas. Meski demikian, ratusan balon itu disebut tak menimbulkan risiko keselamatan bagi masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Militer Korea Selatan siap untuk segera melakukan perang psikologis. Semuanya bergantung pada tindakan Korut," demikian pernyataan JCS, seperti dikutip AFP.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, mengatakan balon isi sampah yang dikirim Korut merupakan bentuk provokasi tercela dan tidak rasional.

"Militer kami akan mempertahankan sikap untuk memastikan bahwa Korut tidak berani menantang Korsel dalam keadaan apa pun, dan akan merespons dengan tegas terhadap setiap provokasi Korut," tambah Yoon.

Sebelumnya Korea Selatan mengungkapkan penyelidikan isi dari ratusan balon propaganda yang dikirim Korea Utara dalam sebulan terakhir.

Korea Selatan mengerahkan unit bahan peledak militer dan senjata kimia serta biologi untuk memeriksa balon-balon yang berjumlah hingga ratusan tersebut.

Setelah diperiksa, balon-balon itu berisi pupuk kandang hingga kotoran manusia yang mengandung parasit dan DNA. Selain itu, ada sampah-sampah lainnya seperti baju bekas hingga barang bergambar karakter kartun Hello Kitty.

Kementerian Unifikasi Korsel melaporkan barang-barang dalam balon itu berupa pakaian sumbangan dari Korsel yang sudah dirobek atau dipotong, seperti dikutip The Straits Times, Senin (24/6).

Sementara itu, ada pula balon-balon berisi sampah berupa pakaian bekas bergambar Mickey Mouse, Winnie the Pooh dan Hello Kitty. Ada pula sarung tangan, kaus kaki, pakaian anak, masker kain, dan dua kemeja yang dijahit jadi satu.

Korut mulai kembali mengirim ratusan balon-balon propaganda ke perbatasan Korsel sejak akhir Mei lalu, membuat relasi kedua negara semakin renggang setelah sempat membaik.

Korut mengklaim pengiriman balon itu sebagai balasan kampanye propaganda dari aktivis atau pembelot Korsel.



(dna/bac)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat