yoldash.net

Menteri Basuki soal IKN: Setelah 20 Juli Semua Akan Kelihatan Hasilnya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut hasil pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai akan terlihat setelah 20 Juli 2024.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut hasil pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai akan terlihat setelah 20 Juli 2024. (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Yogyakarta, Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut hasil pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai akan terlihat setelah 20 Juli 2024.

Dia mengatakan progres pembangunan tahap awal ibu kota baru itu secara garis besar telah mencapai angka 82 persen.

"Nanti setelah 20 Juli semua akan kelihatan hasilnya. Kalau sekarang baru penyelesaian 82 persen," kata Basuki di UGM, Sleman, DIY, Jumat (28/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kata Basuki, penyelesaian infrastruktur seperti istana dan kantor presiden, kantor-kantor menteri koordinator (menko) rumah jabatan menteri, 12 menara atau tower ASN targetnya Juli ini.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, para menteri akan pindah ke kantor baru pada Agustus mendatang dan tentunya secara bertahap sesuai kesiapan infrastruktur di sana.

"Karena Agustus dipakai dulu fasilitasnya untuk upacara 17-an (Upacara HUT RI)," tutupnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sebelumnya telah memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di IKN mulai Juli mendatang.

Diana juga membeberkan progres pembangunan IKN di bawah kewenangannya untuk persiapan upacara HUT RI ke-79 sudah berkisar 82 persen.

"Kalau terkait dengan infrastruktur IKN, terutama yang dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, Bina Marga, Cipta Karya, dan Perumahan, batch pertama itu sudah 82 persen secara keseluruhan," ujar Diana, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, seperti dikutip Detik Finance, Kamis (27/6).

Kementerian PUPR, sambungnya, menargetkan agar proyek tahap awal bisa beroperasi secara fungsional dan dimanfaatkan pada akhir Juli. Salah satunya, Kantor Presiden Jokowi.

Ia merinci progres penyelesaian di Kantor Presiden IKN, salah satunya pemasangan bilah sayap burung garuda yang ditarget selesai akhir Juli. Dalam waktu dekat, Sumbu Kebangsaan yang terletak di depan Istana Presiden juga dipastikan selesai.

Sejumlah kantor menteri koordinator juga ditargetkan fungsional dan bisa digunakan. Termasuk pula jalan-jalan di depan Istana Presiden juga sedang dikebut agar rampung pada Juli mendatang. Pasokan air bersih pun ditarget bisa masuk pada pertengahan Juli 2024.

"Kemudian Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono), kan, nanti juga akan tinggal di sana juga, presiden akan tinggal di sana, jadi mudah mudahan sesuai dengan rencana, mudah-mudahan bisa selesai," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(kum/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat