yoldash.net

Daftar 2 Proyek Triliunan yang Dibangun Anak Tommy Soeharto

Anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo membangun sejumlah proyek bernilai triliunan rupiah; hotel bintang 6 di Bali dan lapangan golf di Sentul.
Anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo membangun sejumlah proyek bernilai triliunan rupiah; hotel bintang 6 di Bali dan lapangan golf di Sentul. (Tangkapan layar instagram @darmamh via ).

Jakarta, Indonesia --

Anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo membangun sejumlah proyek bernilai triliunan rupiah dalam beberapa waktu belakangan.

Terbaru, perusahaan milik Darma PT Intra GolfLink Resorts Tbk (IGR), bersiap membangun hotel bintang 6 di kawasan Jimbaran Bali.

Melalui anak usahanya PT New Kuta Golf and Ocean View (NKG), ia berencana membangun hotel bintang 6 'Luxury Boutique Hotel' di Hole 15-Th Cliff Hanger, kawasan Pecatu Indah Resort, Jimbaran Bali. Saat ini perusahaan sedang mengurus dokumen perizinan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perizinan awal sudah dapat dan kami kolaborasi dengan tim konsultan untuk menyampaikan tahap perizinan lanjutan. Rencana pembangunan secepatnya setelah melengkapi dokumen-dokumen," kata Direktur Utama Intra GolfLink Resorts Dwi Febri Astuti dalam konferensi pers, Rabu (19/6) seperti dikutip dari detik.com.

ADVERTISEMENT

Dwi mengatakan sebagian besar biaya pembangunan hotel berasal dari dana yang didapat dari Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana yang dilaksanakan PT IGR yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Dari aksi korporasi ini, pihaknya berharap bisa meraup dana Rp713 miliar.Dana itu sebagian akan dipakai untuk proyek hotel ini. Selain itu, Dwi menyampaikan pihaknya tetap berusaha mencari dana dari sumber lain jika dibutuhkan.

Dwi memperkirakan proses pembangunan hotel memakan waktu 2 tahun hingga 2,5 tahun. Ia berharap hotel tersebut bisa rampung dalam waktu 3 tahun.

"Kapan kira-kira dibukanya? Nah dibukanya saat ini tahap perizinan, pembangunan kurang lebih 2 sampai 2,5 tahun, mungkin 3 tahun mendatang Insya Allah kita ketemu lagi untuk announce mengenai hotel luxury bintang 6 ini," jelasnya.

Lapangan Golf Rp1,2 triliun di Sentul

Pada februari lalu, Darma melalui PT IGR juga mengungkapkan akan menggelontorkan Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Komisaris IGR itu melihat ada peningkatan pemain golf yang datang ke tiga lapangan mereka, yaitu Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang," ucap Darma dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2).

IGR mencatat pengunjung lapangan mereka melesat dari 88.331 pegolf di 2020 ke 124.020 orang pada akhir 2023. Darma menyebut rata-rata pengunjung yang datang ke lapangan mereka adalah pegolf muda.

Perusahaan juga mengutip data Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang menyebut pemain golf di Indonesia meningkat usai pandemi covid-19. PGI mencatat ada peningkatan rata-rata sekitar 40 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Oleh karena itu, Darma dan IGR berani mengucurkan dana besar untuk membangun lapangan golf baru di Sentul, Bogor. Lapangan golf anyar itu akan berdiri di atas lahan seluas 70 hektare dan menggantikan Palm Hills Golf Bogor yang sudah beroperasi sejak 1993.

Ia menyebut lokasinya sekitar 9 kilometer dari Palm Hills Golf. IGR mengusung konsep 'Golf and Active Lifestyle Ecosystem', di mana akan dibangun juga 13 cluster residensial di atas lahan golf tersebut hingga 2027 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat