yoldash.net

Erick Thohir Bongkar Cara Agar Waskita Cs Tak Utang ke Vendor

Erick Thohir mengungkapkan cara agar BUMN Karya seperti PT Waskita Karya tidak lagi memiliki utang ke vendor.
Erick Thohir mengungkapkan cara agar BUMN Karya seperti PT Waskita Karya tidak lagi memiliki utang ke vendor. (Foto: CNN Indonesia/ Muhammad Naufal)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan cara agar BUMN Karya seperti PT Waskita Karya tidak lagi memiliki utang ke vendor.

Ia mengatakan pendanaan proyek pemerintah akan langsung diberikan ke proyek bukan lagi melalui korporasi.

"Isu vendor-vendor yang selama ini dirugikan, ya inilah kenapa kita perbaiki sekarang pendanaan langsung ke proyek, bukan ke korporasinya," katanya di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (5/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Supaya kalau ada proyek, ada vendornya, langsung kita selesaikan," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Erick mengatakan pendanaan proyek dan pembayaran ke vendor sebelumnya telah rumit seperti benang kusut. Karena itu, akan dilakukan perbaikan tata kelola.

Senada, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pendanaan akan diberikan langsung ke proyek.

"Sehingga tidak ada pendanaannya diselewengkan dengan yang lain-lain," katanya.

Ia menambahkan ada beberapa perseroan negara yang masih dalam fase penyehatan, seperti PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah peleburan perusahaan BUMN Karya, yakni Waskita Karya menjadi anak perusahaan PT Hutama Karya. Tiko mengatakan hal ini ditujukan agar tidak ada lagi permasalahan seperti di masa lalu.

Tiko pun mengatakan restrukturisasi Waskita Karya ditargetkan rampung pada bulan ini, yakni Mei 2024. Sementara restrukturisasi WIKA sudah selesai.

"Kalau WIKA, MRA (Master Restructuring Agreement)-nya sudah. Yang Waskita sedang diselesaikan dengan bond setelah itu. Jadi harusnya Mei ini selesai Waskita," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

(del, fby/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat