yoldash.net

Sederet Bisnis Gibran yang Resmi Ditetapkan KPU Sebagai Wapres

Gibran Rakabuming banyak mempunyai bisnis kuliner dari catering pernikahan, martabak manis hingga kopi. Mayoritas bisnisnya gulung tikar.
Gibran Rakabuming banyak mempunyai bisnis kuliner dari catering pernikahan, martabak manis hingga kopi. Mayoritas bisnisnya gulung tikar. (Foto: AP/Tatan Syuflana)

Daftar Isi
  • 1. Chili Pari
  • 2. Markobar
  • 3. Pasta Buntel
  • 4. Mangkokku
  • 5. Hompimpa Games
  • 6. Tugas Negara Bos
  • 7. Goola
  • 2. Siapmas
  • 3. Ternakopi
Jakarta, Indonesia --

Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan menjadi wakil presiden 2024-2029 terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4).

Hal itu terjadi usai MK menolak gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Jauh sebelum memenangkan Pilpres 2024, nama Gibran dikenal sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki segudang bisnis, meski banyak yang gulung tikar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Gibran tak menjalankan bisnis sendirian. Ia kerap berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sang adik Kaesang Pangarep.

ADVERTISEMENT

Berikut gurita bisnis Gibran Rakabuming Raka yang baru saja ditetapkan KPU sebagai wakil presiden terpilih.

1. Chili Pari

Chili Pari merupakan bisnis katering yang didirikan Gibran pada 2010. Gibran mengusung konsep one stop wedding solution bagi kliennya.

Selain jasa katering, Chili Pari juga menyediakan gedung, souvenir, undangan, riasan pengantin, pembawa acara, hingga konsultasi rencana pernikahan. Melalui bisnis ini Gibran diangkat sebagai Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Tak diketahui apakah bisnis ini masih berjalan atau sudah bangkrut. Saat mengunjungi website bisnisnya www.chilliparicatering.com, malah diarahkan ke sebuah bisnis roti yang berlokasi di Tangerang dan Jakarta.

Begitu pula akun Instgram @chillipari yang terakhir mengunggah pada 5 Juli 2020, itupun mempromosikan menu-menu bisnis kuliner Mangkokku 

2. Markobar

Lima tahun setelah Chili Pari berdiri, Gibran kembali masuk ke bisnis martabak manis lewat Markobar atau Martabak Kota Barat. Bisnis ini sebenarnya didirikan oleh Arif Setyo Budi sejak 1996.

Dalam perjalanannya, Gibran bergabung untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini, Markobar diklaim memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun jika mengacu pada akun Instagram resmi @markobar1996, informasi terkait jumlah outlet Markobar hanya 11 gerai.

3. Pasta Buntel

Gibran juga merambah bisnis kuliner berbahan dasar pasta. Bersama tiga orang rekannya, ia mendirikan Pasta Buntel pada Oktober 2015 di Solo.

Berbeda dengan pasta pada umumnya, Gibran memadukan pasta dengan bumbu nusantara. Cara memasaknya juga dibungkus daun pisang layaknya pepes.

Akun media sosial bisnisnya sudah lama mati. Ketika di cek di Google Maps lokasi Pasta Buntel, muncul informasi bahwa bisnis di lokasi itu sudah tutup permanen.

4. Mangkokku

Gibran juga tak ingin ketinggalan maraknya tren rice bowl. Pada pertengahan 2019, Mangkokku diluncurkan. Dalam bisnis ini, Gibran menggandeng Kaesang, Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-tounge dabu, dan egg sausage mayo. Bisnis ini masih hidup. Mangkokku mempunyai outlet yang jelas, serta bisa bisa dipesan di layanan pesan antar online.

5. Hompimpa Games

Gibran dan Kaesang juga merambah bisnis di industri board game dengan bergabung bersama Hompimpa Games. Perusahaan itu merupakan sebuah publisher asal Solo yang menerbitkan Math Cat, The Art of Batik dan board game asli Indonesia lainnya.

Bergerak sebagai publisher and store, Hompimpa Games mencoba merealisasikan ide-ide kreatif para game designer dan game developer agar dapat dinikmati oleh para seluruh lapisan masyarakat.

Tidak diketahui apakah bisnis ini masih jalan atau gulung tikar seperti kebanyakan bisnis Gibran. Namun, websitenya www.hompimpagames.id sudah tidak ditemukan.

6. Tugas Negara Bos

Gibran dan Kaesang juga berkolaborasi dalam merintis usaha pembuatan jas hujan bernama Tugas Negara Bos pada 2017.

Sekilas jas hujan buatan Kaesang dan Gibran ini sama dengan jas hujan pada umumnya. Perbedaan dari jas hujan ini dengan jas hujan lainnya terletak pada tulisan Tugas Negara Bos! dan gambar garuda di bagian depannya.

7. Goola

Pada Juli 2015, Gibran menjajal bisnis minuman khas Indonesia lewat Goola. Gerai minuman ini menawarkan minuman tradisional yang dikemas kekinian seperti es doger, es cincau, hingga ketan hitam.

Bisnis ini pun sudah gugur sejak 2020. Hal itu terlihat dari akun media sosial Instagramnya yang sudah tidak update.

2. Siapmas

Bersama Kaesang, Gibran meluncurkan merek Siapmas. Usaha ini memproduksi minuman tradisional siap seduh Ngedrink yang dipasarkan di minimarket.

Selain itu, Siapmas juga memproduksi camilan keripik yang terbuat dari tepung terigu, sagu, minyak sawit dan varian bumbu masakan tradisional seperti nasi goreng seafood dan seblak Bandung. Sama dengan Ngedrink, Kemripik dapat ditemukan di minimarket.

Sayang, bisnis ini gulung tikar.

3. Ternakopi

Gibran dan Kaesang juga masuk ke bisnis kopi kekinian melalui Ternakopi pada April 2019. Ternakopi pun memiliki lebih dari 40 cabang di seluruh Indonesia.

Usaha ini gulung tikar saat pandemi covid-19 merebak. Kaesang mengatakan produk kopi itu tak laku. Alhasil, seluruh cabang pun lenyap.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat