yoldash.net

Pesawat Antariksa China Segera Tiba di Bumi, Bawa Sampel Bulan

Pesawat antariksa China Chang'e-6 dijadwalkan mendarat lagi di Bumi, Selasa (25/6) setelah menyelesaikan misinya dan membawa sampel dari sisi jauh Bulan
Ilustrasi. Pesawat antariksa China Chang'e-6 dijadwalkan mendarat lagi di Bumi, Selasa (25/6) setelah menyelesaikan misinya dan membawa sampel dari sisi jauh Bulan (Foto: www.cnsa.gov.cn)

Jakarta, Indonesia --

Pesawat antariksa China Chang'e-6 dijadwalkan kembali ke Bumi, Selasa (25/6) setelah menyelesaikan misinya dan membawa sampel dari sisi jauh Bulan.

Ini sekaligus mengakhiri misi 53 hari yang secara teknis rumit dan digembar-gemborkan sebagai yang pertama di dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beijing belum mengungkapkan perkiraan waktu kedatangan wahana antariksa ini. Namun, para ahli mengatakan bahwa wahana ini kemungkinan besar akan mendarat di sebuah gurun yang tandus di wilayah Mongolia Dalam bagian utara sekitar tengah hari.

Mengutip AFP, wahana ini membawa tanah dan bebatuan dari sisi terjauh Bulan, wilayah yang kurang dipahami dan menurut para ilmuwan memiliki potensi besar untuk penelitian karena fitur-fiturnya yang kasar tidak terlalu banyak dihaluskan oleh aliran lava purba dibandingkan dengan sisi yang lebih dekat.

Artinya, materi yang diambil di sana bisa membantu para ilmuwan untuk lebih memahami bagaimana Bulan terbentuk dan bagaimana satelit alami Bumi itu berevolusi dari waktu ke waktu.

Chang'e-6 meluncur dari pusat antariksa di provinsi Hainan, China pada 3 Mei dan mendarat di Cekungan Kutub Selatan-Aitken hampir sebulan kemudian.

Wahana ini menggunakan bor dan lengan robotik untuk mengambil sampel, memotret permukaan Bulan yang penuh lubang.

Pada tanggal 4 Juni, wahana ini melakukan pendaratan pertama di sisi jauh Bulan. Kantor berita pemerintah China, Xinhua, menyebut kesuksesan ini sebagai "prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah penjelajahan bulan oleh manusia".

Pihak berwenang masih enggan mengungkapkan informasi terbaru mengenai kemajuan wahana ini sejak saat itu.

Namun, badan antariksa China mengatakan dalam sebuah unggahan di media sosial pada hari Jumat bahwa wahana tersebut telah "70 persen" dari perjalanan kembali ke Bumi.

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat