yoldash.net

Mengintip Huawei MatePad 11.5 S, Tablet yang Diklaim Rasa Kertas

Huawei MatePad 11.5 S diklaim bisa memberi pengalaman menulis dan menggambar di atas kertas. Simak alasannya.
Huawei Matepad 11.5 S bakal dirilis 25 Juni. (CNN Indonesia/ Arif Hulwan)

Jakarta, Indonesia --

Huawei memperkenalkan MatePad 11.5 S, tablet yang diklaim lebih nyaman buat mata tapi tetap punya gambar tajam sekaligus bikin pengguna serasa menulis di kertas. Bonusnya, pengguna tak perlu jadi ilustrator pro dulu buat menghasilkan gambar estetik.

"Experience-nya dapat sekali untuk pengalaman menulis di atas kertas," Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia, menuturkan, saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/6).

"Bermanfaat sekali buat ilustrator sketsa. Banyak yang tetap bawa kertas. Kan udah ada tablet? Mereka bilang kalau di tablet rasanya berbeda, enggak kaya [menggambar] di atas kertas," urai dia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Huawei matepad 11.5sPensil magnetik jadi salah satu bonus masa PO Huawei MatePad 11.5s. (Indonesia/ Arif Hulwan)

Kenapa bisa memberi pengalaman seperti menulis dan menggambar sungguhan? Ia pun membeberkan sejumlah spek andalan MatePad 11.5 S, yang memiliki baterai berkapasitas 8.800 mAH, ini:

1. Layar

Tablet ini dilengkapi oleh Papermatte Display 2.0 yang memberikan kualitas warna dan kecerahan namun tetap nyaman dan aman di mata lewat layar anti-glare alias enggak bikin silau.

"Biasanya kalau anti-glare kualitas warnanya berkurang, kurang tajam. Kalau ini, papermatte tapi layar memunculkan warna asli," ujar dia.

"Sangat minim pantulannya. Screen reflection-nya 60 persen less than regular screen."

Edy menuturkan tablet ini punya sejumlah sertifikasi keamanan, di antaranya 34 persen penurunan dalam hal Eye Fatigue Index, dan turun 17 persen dalam hal Brain Fatigue Index.

"Tapi vibrant warna sangat keluar," ucap dia.

2. Pensil

MatePad 11.5 S juga didukung oleh teknologi NearLink pada stylus pencil serta portable keyboard bawaan dan mouse, yang menjadikan koneksinya lebih stabil dan latensinya lebih rendah.

Khusus untuk pensil, Huawei M-Pencil Gen 3 merupakan perangkat pertama yang mengadopsi teknologi NearLink. Gadget ini dilengkapi oleh 10.000+ tingkat sensitivitas tekanan, respons yang lebih cepat, kontrol ketebalan garis yang lebih sensitif, serta ketukan yang lebih bersih.

"Kalau menulis itu jadi kedengeran seperti di kertas. Ada [bunyi] grek, grek, grek," ujar Edy.

3. GoPaint

Tablet ini juga jadi yang pertama yang dilengkapi aplikasi gambar (painting app) bawaan buatan Huawei yang 100 persen free, tanpa perlu ada add-on atau subscribe, GoPaint.

Aplikasi menggambar ini punya pilihan lebih dari 100 kuas digital serta fitur realistis lainnya.

Edy mengungkap sejumlah fitur favorit di aplikasi ini. Di antaranya, curve correction yang bisa mengubah gambar lekukan dengan mudah; press to pick a color, tinggal teken warna keluar; willow leaf, menggambar sekaligus mengisi warnanya.

GoPaint juga diklaimnya 15 persen lebih banyak dalam hal layer dari aplikasi Procreate yang ada di iPad.

Dengan spek aplikasi semacam ini, Edy menyebut semua orang pun bisa menggambar bak profesional.

"Semua orang itu harus bisa meng-create kreativitas, bukan hanya yang pro," ujar dia.

"Ini enggak sampai 1 menit. Walau saya enggak punya sense of artistic," lanjutnya, usai memeragakan menggambar via GoPaint di tablet.

Matepad x proMatepad X Pro bakal dirilis bersama MatePad 11.5 S. (Indonesia/ Arif Hulwan)

Peluncuran 25 Juni

Sejauh ini, Huawei belum merilis spek lengkap dan harga tablet ini. Peluncuran resminya baru digelar pada 25 Juni, dengan masa pre-order tablet, yang memberikan ragam bonus, pada 25 Juni hingga 12 Juli.

Perilisannya akan dilakukan bersama dengan dua laptop terbaru Huawei, yakni Matebook 14 dan Matebook X Pro.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat