yoldash.net

Brasil Belum Buru-buru Pakai Endrick Striker Nomor 9 Sebagai Starter

Pemilik nomor 9 timnas Brazil di ajang Copa America 2024 adalah bintang muda berusia 17 yang baru memperkuat Real Madrid, Endrick.
Pemain baru Real Madrid yang baru berusia 17, Endrick (9) merupakan salah satu bakat yang menarik diperhatikan kiprahnya di Copa America 2024. (AFP/ARIC BECKER)

Jakarta, Indonesia --

Timnas Brasil akan mengawali laga Copa America 2024 di Grup D pada Selasa (25/6) pagi WIB menghadapi Kosta Rika.

Dalam laga tersebut, pemilik nomor 9 timnas Brasil yang juga bintang baru Real Madrid berusia 17, Endrick, kecil kemungkinan jadi Starting XI.

Untuk laga tersebut, Pelatih Brasil Dorival Junior mengakui dirinya berpeluang menurunkan trio Raphinha, Rodrygo, dan Vinicius Junior.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga bintang yang merumput di Liga Spanyol itu memang para penyerang yang tengah naik daun di tim masing-masing, Barcelona dan Real Madrid, dalam beberapa musim terakhir.

Dorival meminta fan Brasil untuk sedikit bersabar menunggu debut Endrick bersama Skuad Samba di Copa America 2024.

"[Penampilan Endrick] ini akan terjadi secara alami. Mungkin tak akan lama, karena dia betul-betul terampil," kata Dorival Junior dalam konferensi pers jelang laga versus Kosta Rika, seperti dikutip dari Reuters, Senin (24/6).

Dorival mengaku maunya sih dia cepat-cepat untuk menempatkan Endrick di lapangan hijau. 

"Tapi, Anda perlu sebuah keseimbangan tertentu. Tapi, ya dia memang memiliki kemampuan yang luar biasa, dan salah satu pemain yang paling menjanjikan," kata Dorival.

Endrick baru dibeli Real Madrid dari klub Brasil, Palmeiras. Dia memperkuat lini serang Brasil di Real Madrid yang sebelumnya selama beberapa musim ini diisi Vinicius Jr dan Rodrygo.

Di Timnas Brazil, Endrick menjalani debut pada 17 November 2023. Dorival lalu mempercayakan nomor 9 kepada Endrick untuk mengarungi Copa America 2024.

Nomor 9 Brazil biasanya dipegang penyerang yang memiliki kiprah mematikan di skuad Samba. Sebut saja misal Ronaldo Nazario pada dekade 1990-2000an, lalu diwarisi Adriano, Luis Fabiano, Alexandre Pato, Gabriel Jesus, hingga Richalirson.

Endrick--sejak debut pada 2023--lalu telah bermain di dua laga kompetitif Brasil pada kualifikasi, dan lima pertandingan uji coba internasional.

Untuk Copa America 2024, Dorival Junior total membawa delapan pemain penyerang--enam bertipe winger dan dua penyerang sentral.

Para penyerang itu adalah Endrick (9), Evanilson (21), Raphinha (11), Rodrygo (10), Vini Jr (7), Pepe (26), Savio (20), dan Gabriel Martinelli (22).

Di tingkat klub, musim lalu Endrick total bermain 22 kali untuk Palmeiras di segala kompetisi. Dia mencetak 4 gol dan 2 assists untuk penampilannya tersebut.

Endrick adalah fenomena baru di antara bakat Brasil. Pemuda kelahiran 2006 ini berasal dari keluarga miskin yang bermain sepak bola jalanan sebelum bakatnya dilihat Palmeiras.

Di kelompok umur Palmeiras, dia yang bermain sejak U-16 iti mencetak total 165 gol dari 169 pertandingan.

Sementara di kelompok umur timnas Brasil, dia bermain 4 kali dan mencetak 5 gol untuk U-16. Lalu di U-23 dia mencetak dua gol dari 7 pertandingan.

Di Copa America 2024, Brazil berada di Grup D yang juga dikenal sebagai grup maut. Selain Brazil dan Kosta Rika, di grup itu juga ada Kolombia dan Paraguay.

(kid/kid)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat