yoldash.net

Saudi Tentukan Kuota Haji 2025 untuk Indonesia, Siapkan Aturan Baru

Pemerintah Arab Saudi sudah menentukan Indonesia akan mendapat kuota haji 1446 H/2025 sebanyak 221 ribu jemaah haji.
Indonesia mendapat kuota haji yang sama dengan tahun ini untuk musim depan. (CNN Indonesia/ Haryanto Tri Wibowo)

Mekkah, Indonesia --

Pemerintah Arab Saudi sudah menentukan Indonesia akan mendapat kuota haji 1446 H/2025 sebanyak 221 ribu jemaah haji.

Saudi juga menyiapkan sejumlah aturan baru terkait pelaksanaan haji 2025.

"Sesuai pengumuman dan surat resmi yang disampaikan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq F Al Rabiah melalui Wakil Kementerian Bidang Urusan Haji Ayed Al Ghuwainim, kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, kuota haji Indonesia tahun depan masih sama, 221.000 jemaah," ucap Nasrullah Jasam, Konsul Haji pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jumlah 221 ribu kuota haji untuk Indonesia sama seperti tahun 2024. Namun, pemerintah Arab Saudi kemudian memberi tambahan 20 ribu kuota haji untuk Indonesia.

Total untuk musim haji 2024, Indonesia memiliki 241 ribu jemaah haji. Jumlah itu terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga sudah mengumumkan jadwal dan tahapan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M. Jadwal awal kedatangan jemaah haji tahun depan akan berlangsung pada 29 April 2025.

Sementara itu Aljauharah Alwan, Assistant CEO Mashariq Almutamayizah, mengatakan ada sejumlah peraturan baru untuk jemaah haji khusus musim 2025. Aljauharah menyebut salah satu peraturan baru adalah terkait perhotelan.

"Peraturan baru memang belum dikeluarkan, tapi untuk pembagian kuota itu sudah diumumkan sekitar 221 ribu jemaah haji Indonesia. Peraturan baru yang sudah diumumkan adalah perhotelan. Jadi tahun depan akan diterapkan hotel jemaah harus melalui syarikah, jadi booking di Makkah dan Madinah harus melalui syarikah," ucap Aljauharah.

Mashariq merupakan syarikah atau perusahaan swasta yang mengelola pelayanan haji jemaah asal Indonesia, baik reguler dan sebagian jemaah haji khusus melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Saat ini penyelenggaraan haji 2024 memasuki tahap pemulangan jemaah. Pemulangan jemaah haji sudah dilakukan sejak 22 Juni lalu. Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) terakhir akan pulang ke Indonesia pada 21 Juli mendatang.

(har/bac)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat