yoldash.net

BINUS University: Kuliah 2,5 Tahun, Cetak Gen Z Siap Berkarier

Bagi calon mahasiswa yang tak dapat menempuh studi sesuai keinginan awal, BINUS University memiliki solusi alternatif yang membutuhkan masa kuliah 2,5 tahun.
Setelah menempuh masa kuliah selama 2,5 tahun, mahasiswa BINUS University pun dapat langsung mengejar karier dan mewujudkan mimpi. (Foto: BINUS University)

Jakarta, Indonesia --

Bersaing pada kompetisi seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) bukan hal mudah. Bagi calon mahasiswa yang tak dapat menempuh studi sesuai keinginan awal, Universitas Bina Nusantara (BINUS University) memiliki solusi alternatif.

Solusi BINUS University itu pun hanya membutuhkan masa kuliah selama 2,5 tahun. Kemudian, mahasiswa dapat langsung mengejar karier dan mewujudkan mimpi.

Berikut adalah empat hal yang menjadikan program kuliah 2,5 tahun BINUS University unggul dan layak jadi solusi:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Enrichment program

Enrichment program BINUS University terdiri dari 7 track, yakni penelitian, pengabdian kepada masyarakat, studi ke luar negeri, magang di perusahaan, studi independen, mengambil jenjang studi lanjutan, serta merintis start-up sendiri. Nantinya, mahasiswa dapat memilih track yang sesuai minat dan rencana.

ADVERTISEMENT

Saat menjalani enrichment program, mahasiswa mendapatkan pembekalan berupa praktik secara langsung untuk memperoleh dan mengaplikasikan beragam kemampuan sesuai kebutuhan industri.

Enrichment program BINUS University juga dilengkapi dengan fasilitas terbaru seperti laboratorium komputer hingga studio desain guna mendukung persiapan berkarier mahasiswa.

2. Mobility program dan minor program

Tak hanya memperoleh ilmu di jurusan utama, mahasiswa BINUS University juga bisa mendapatkan pengetahuan di bidang lain melalui sistem minor program.

Fleksibilitas minor program ini membuat mahasiswa jurusan teknologi dapat mempelajari mata kuliah lain yang diminati, misalnya komunikasi lintas budaya ataupun pengelolaan human capital di tempat kerja digital.

Selain itu, BINUS University juga memiliki mobility program, memberi kesempatan bagi mahasiswa BINUS @Malang, BINUS @Bandung, maupun BINUS @Semarang untuk merasakan kuliah di kampus BINUS di kota lain atau sebaliknya selama satu tahun.

3. Jejaring yang luas

Dengan kemitraan bersama kampus-kampus di luar negeri, berbagai perusahaan multinasional, serta organisasi nirlaba Indonesia, mahasiswa BINUS University akan dimudahkan untuk menjalani program study abroad, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, atau mengikuti magang guna mendapatkan pengalaman kerja.

Jejaring yang dimiliki BINUS University akan memberi mahasiswa keterampilan teknis dan pengalaman terkait kultur yang berbeda-beda.

4. Akreditasi yang diakui

Pada QS World University Ranking 2025, BINUS University menempati peringkat 951-1.000 dari sebelumnya 1.001-1.200. Di Indonesia, BINUS masuk dalam daftar 10 perguruan tinggi terbaik, dan merupakan perguruan tinggi swasta terbaik nomer satu yang masuk dalam pemeringkatan.

Tahun ini, QS World University Rankings menilai 1.503 institusi di seluruh dunia, 26 institusi di antaranya berada di Indonesia. Sehingga, pemeringkatan tersebut menjadi wujud apresiasi dan pengakuan atas komitmen penyelenggaraan pendidikan BINUS University.

Adapun seluruh program studi di BINUS University telah mencatatkan akreditasi Baik Sekali dan Unggul dari BAN-PT. Sejumlah program studi seperti pada bidang Computer Science pun memiliki akreditasi dari berbagai lembaga pendidikan di luar negeri, seperti ASIIN, ABET, dan IABEE.

Selain itu, program studi humaniora di BINUS University juga telah terakreditasi oleh HEEACT (Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan).

Akreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional itu diberikan dengan mempertimbangkan keseluruhan kurikulum dan tingkat penyerapan alumni di industri. Hal ini sekaligus memastikan bahwa meski menjalani perkuliahan yang lebih singkat, kualitas pendidikan mahasiswa tetap terjamin.

Beasiswa BINUS University

Pemahaman bahwa pendidikan berkualitas membutuhkan biaya yang tak sedikit mendorong BINUS University untuk menyediakan beasiswa, mulai parsial hingga penuh, untuk calon mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik.

Tak hanya beasiswa dari hasil Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS), calon mahasiswa yang ingin berkuliah di BINUS University juga dapat mengajukan beasiswa prestasi olahraga melalui Student Athlete Scholarship, Binusfluencer untuk influencer media sosial, beasiswa berdasarkan nilai rapor sekolah, hingga talent scouting.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat