yoldash.net

Wakil Erick Thohir Buka-bukaan Update Restrukturisasi BUMN Karya

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan restrukturisasi BUMN Karya ditargetkan rampung pada Mei 2024.
Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan restrukturisasi BUMN Karya ditargetkan rampung pada Mei 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo buka-bukaan soal kemajuan upaya restrukturisasi atau penyehatan BUMN Karya.

Ia mengatakan ada beberapa perseroan negara yang masih dalam fase penyehatan, seperti PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sudah ada rekomendasi perbaikan. Seperti di proses keuangan, proses pengadaan, proses pelaksanaan proyek. Jadi semuanya sudah kita terima rekomendasi dan kita lakukan transformasi besar di Karya," tutur pria yang akrab disapa Tiko itu di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (5/5).

"Makanya kita sekarang sedang menyelesaikan restrukturisasi Waskita dan WIKA kan. Memastikan bahwa mereka sehat ke depan," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Salah satu langkah yang dilakukan adalah peleburan perusahaan BUMN Karya, yakni Waskita Karya menjadi anak perusahaan PT Hutama Karya. Tiko mengatakan hal ini ditujukan agar tidak ada lagi permasalahan seperti di masa lalu.

Tiko pun mengatakan restrukturisasi Waskita Karya ditargetkan rampung pada bulan ini, yakni Mei 2024. Sementara restrukturisasi WIKA sudah selesai.

"Kalau WIKA, MRA (Master Restructuring Agreement)-nya sudah. Yang Waskita sedang diselesaikan dengan bond setelah itu. Jadi harusnya Mei ini selesai Waskita," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pendanaan untuk restrukturisasi sekarang ditujukan langsung ke proyek, bukan ke korporasi. Hal ini agar progres penyehatan perusahaan bisa cepat selesai.

"Kalau yang kemarin-kemarin, sudah menjadi sebuah benang kusut. Tetapi kita tidak patah semangat, karena itu kita perbaiki semuanya," tutur Erick.

(del/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat