yoldash.net

Menpan RB Ingin Seleksi CPNS Lekas Dibuka, Beda dengan Ombudsman

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mau seleksi CPNS segera dibuka. Hal ini berbeda dengan Ombudsman RI yang ingin seleksi CPNS ditunda sampai Pilkada 2024 selesai.
Menpan RB Abdullah Azwar Anas mau seleksi CPNS segera dibuka. Hal ini berbeda dengan Ombudsman RI yang ingin seleksi CPNS ditunda sampai Pilkada 2024 selesai. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mau seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) segera dibuka, kala Ombudsman RI ingin ditunda sampai Pilkada 2024 selesai.

Anas mengatakan pendaftaran CPNS atau calon aparatur sipil negara (CASN) bisa dimulai jika proses validasi sudah rampung. Kemenpan RB masih menunggu hasil pengisian atau input rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah.

"Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah melakukan percepatan pada proses verifikasi dan validasi formasi ASN dari input yang dilakukan K/L dan pemda," kata Anas dalam keterangan resmi, Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami harap K/L dan pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik," tegasnya.

ADVERTISEMENT

Anas mengatakan masih ada sebagian K/L dan pemda yang belum merampungkan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan. Itulah yang menyebabkan seleksi CPNS tak kunjung dibuka hingga sekarang.

Padahal, pemerintah sudah mengumumkan CASN 2024 akan dibuka untuk 1,28 juta orang. Ini terdiri atas 75 K/L dengan formasi 427.850 orang dan 524 pemda sebanyak 862.174 posisi.

Kemenpan RB menegaskan 1,28 juta formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta orang yang akan dilakukan secara bertahap.

"BKN sudah berkoordinasi. Kami yakin bisa rampung dalam waktu dekat dan pendaftaran CASN dapat segera dimulai," tandasnya.

Di lain sisi, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengusulkan agar CPNS tahun ini ditunda. Ia berharap pemerintah dan DPR RI mempertimbangkan usulannya tersebut, terlebih karena ada Pilkada 2024.

Najih menilai penundaan CPNS 2024 agar seleksi terhindar dari janji-janji politik di pemilihan kepala daerah. Ia berpandangan politikus yang mentas di Pilkada 2024 rentan menjanjikan posisi ASN agar orang-orang memilihnya.

Di lain sisi, BKN mengatakan usul tersebut akan diputuskan oleh Kemenpan RB.

Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja SDM Aparatur Kemenpan RB Damayani Tyastianti lantas mengatakan dirinya bakal meneruskan usul Ombudsman RI kepada Menpan RB Anas.

"Kalau itu (usul Ombudsman menunda CPNS) bukan kewenangan saya yang memutuskan. Yang saya lakukan nanti ini saya sampaikan ke pimpinan, karena ini kan terkait agenda nasional," katanya usai acara Ombudsman RI, dikutip dari detikcom.

Pilkada tahun ini rencananya digelar pada November 2024 mendatang. Jika CASN ditunda hingga pilkada selesai, maka pelaksanaan seleksi abdi negara ini bisa molor hingga Desember 2024 atau bahkan awal 2025.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat