yoldash.net

Gapki soal Kampanye Negatif Sawit: Sampai Kiamat Akan Terus Ada

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menegaskan kampanye negatif terhadap produk Indonesia ini akan terus terjadi, bahkan sampai kiamat.
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menegaskan kampanye negatif terhadap produk Indonesia ini akan terus terjadi, bahkan sampai kiamat. ( Greenpeace/Ulet Ifansasti).

Jakarta, Indonesia --

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menegaskan kampanye negatif terhadap produk Indonesia ini akan terus terjadi, bahkan sampai kiamat.

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mencontohkan dampak kampanye negatif sawit terhadap kinerja ekspor. Ia mencatat produk sawit dan turunannya ke Uni Eropa terus turun dari tahun ke tahun.

"Kampanye negatif (terhadap sawit) sampai detik ini tidak pernah selesai dan saya yakin juga sampai kiamat pun tidak pernah selesai kampanye negatif. Karena saya melihat ini adalah persaingan dagang," ucap Eddy dalam Halalbihalal Gapki di Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Eddy mencatat produk sawit Indonesia yang dikirim ke Uni Eropa merosot pada 2023 lalu ke 4,17 juta ton. Padahal, tahun sebelumnya masih mencapai 5,03 juta ton.

ADVERTISEMENT

Bahkan, ekspor secara bulanan pun turun. Ia melaporkan pengiriman sawit dan turunannya merosot dari 3,68 juta ton per Januari 2024 ke 3,41 juta ton pada Februari 2024.

Gapki mengatakan kondisi pengusaha sawit sedang tidak baik-baik saja. Menurutnya, banyak masalah yang tak kunjung usai.

"Di sini kita melihat bahwa kemarin perang Rusia-Ukraina sampai sekarang belum tahu kapan selesainya. Ditambah lagi perang Timur Tengah belum tahu kapan berakhir," tutur Eddy.

"Ditambah lagi konflik Israel dengan  Iran. Ini juga pasti akan mempengaruhi ekonomi global. Ini mestinya kebijakan-kebijakan (Pemerintah Indonesia) melihat ke situ, supaya minyak sawit kita masih kompetitif di pasar internasional," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat