yoldash.net

Astra Infra Apresiasi 6,6 Juta Pemudik Pengguna Jalan Tol

Tahun ini, Astra Infra cermat mempersiapkan infrastruktur jalan, termasuk menyiagakan lebih dari 1.300 petugas dilengkapi armada patroli dan ambulans.
Ilustrasi keluarga pemudik. (Foto: Arsip Astra Infra)

Jakarta, Indonesia --

Astra Infra, penyedia layanan infrastruktur publik, khususnya jalan tol, menyampaikan apresiasi atas kerja sama seluruh pihak yang mendukung kelancaran mobilitas pada Lebaran 2024 sebagai salah satu momen penting bagi rakyat Indonesia.

Group Chief Executive Officer Astra Infra, Firman Yosafat Siregar menyatakan, Astra Infra berkomitmen terus mendukung pemerintah mewujudkan layanan infrastruktur berkelanjutan yang aman dan nyaman.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Korlantas Polri, serta berbagai pihak lain yang telah menjalin sinergi dan koordinasi dengan baik, sehingga penyelenggaraan layanan arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan dengan baik," kata Firman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada masa arus mudik dan balik tahun ini, sekitar 6,6 juta kendaraan menggunakan ruas tol Astra Infra di Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto dalam periode 31 Maret-21 April. Total, volume lalu lintas pada periode yang sama meningkat 0,1 persen dibandingkan periode yang sama pada 2023 lalu.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Astra Infra cermat mempersiapkan infrastruktur jalan, menyiagakan lebih dari 1.300 petugas dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulans, hingga sarana prasarana di rest area, serta pengaturan rekayasa lalu lintas.

ADVERTISEMENT

Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Di periode yang sama, Korps Lalu Lintas Polri menyampaikan bahwa terjadi penurunan tingkat kecelakaan dan tingkat fatalitas secara akumulasi pada ketiga ruas tol Astra Infra mencapai 46 persen dan 50 persen, dibandingkan periode 2023.

Merespons hal itu, Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar mengatakan, pihaknya akan mengadakan evaluasi sehingga kualitas layanan dapat diperbaiki.

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan yang telah memanfaatkan ruas tol Astra Infra pada perjalanan mudik tahun ini. Kami akan terus berusaha melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas layanan, agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik setiap tahunnya," kata Billy.

Sebelumnya, Astra Infra menetapkan memberi diskon tarif tol pada periode Lebaran 2024 di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto, yang berlaku sebesar 20 persen pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk arus mudik.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Secara akumulasi, tercatat sekitar 900 ribu kendaraan memanfaatkan diskon tersebut.

Di Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, pada 31 Maret-21 April 2024, total sekitar 3,2 juta kendaraan melintasi di ruas tol Tangerang-Merak. Pada periode Lebaran 2024, ruas tol Tangerang-Merak mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 92 persen dibandingkan periode Lebaran 2023.

Adapun tingkat fatalitas juga mengalami penurunan, dengan catatan 0 persen fatalitas (zero fatality) pada 2024.

Selain itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, tercatat sekitar 2,2 juta kendaraan melintas pada 31 Maret-21 April 2024. Pada periode tersebut, terjadi penurunan jumlah fatalitas sebesar 30 persen di ruas tol Cikopo-Palimanan, dibandingkan periode Lebaran 2023.

Di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, secara akumulatif, pada 31 Maret-21 April 2024, total sekitar 1,1 juta kendaraan melintas. Pada arus mudik dan balik tahun ini, ruas tol Jombang-Mojokerto mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 64 persen dibandingkan periode yang sama pada 2023, dengan tingkat fatalitas 0 persen (zero fatality).

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat