yoldash.net

Nova Arianto Sebut Timnas U-16 Kurang Kreatif Usai Hajar Filipina

Nova Arianto memaparkan masalah yang dihadapi Timnas Indonesia U-16 saat melawan Filipina dalam laga fase grup Piala AFF U-16 2024.
Timnas Indonesia U-16 butuh waktu lebih dari satu jam untuk membobol gawang Filipina pada fase grup Piala AFF U-16 2024. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta, Indonesia --

Nova Arianto memaparkan masalah yang dihadapi Timnas Indonesia U-16 saat melawan Filipina dalam laga fase grup Piala AFF U-16 2024, Senin (24/6) malam.

Skuad Garuda Muda mendominasi pertandingan melawan Filipina. Lawan terus ditekan, tapi Putu Panji dan kawan-kawan tak jua bisa mengubah kedudukan. Angka di papan skor tetap 0-0 hingga babak pertama usai.

Indonesia baru bisa mencetak gol melalui Evandra Florasta pada menit ke-65. Setelah itu Mierza Firjatullah mengemas dua gol pada menit ke-71 dan menit kedua waktu tambahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nova tak memungkiri masih ada kekurangan dari tim yang diasuhnya dan sedang dalam tahap persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Saya melihat pemain-pemain saya kurang kreatif. Kurang kreatif untuk keluar dari situasi ini. Sebenarnya itu sudah kita perkuat, itu dilatih, tetapi saya minta pemain harus lebih lebih progres lagi karena dengan situasi lawannya melakukan defense dengan compact di belakang," ucap Nova dalam konferensi pers.

Hal lain yang coba dilakukan Nova untuk membongkar pertahanan lawan yang disebutnya mulai kehabisan stamina ketika memasuki menit ke-70 adalah dengan mengubah susunan formasi.

"Filipina melakukan pertahanan dengan sangat baik dan pemain kita kurang kreatif untuk bergerak, itu yang kita coba perbaiki di babak kedua ya. Masuk kita dalam mengubah formasi kita dari 3-4-3 ke 4-4-2 adalah salah satu cara untuk kita membongkar dari pertahanan dari Filipina," terang mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.

Dalam laga melawan Filipina, Nova menurunkan 11 pemain inti yang cukup berbeda dibanding laga pertama melawan Singapura. Hal tersebut dilakukan Nova sebagai bagian dari seleksi tim.

"Oke jadi memang [susunan starter yang berbeda] itu sudah kita rencanakan dari awal ya, dari awal setelah kita menghadapi Singapura. Memang rencana kita akan mencoba semua pemain yang ada di Timnas U-16 karena selagi tujuan kami adalah akan menuju ke kualifikasi Piala Asia, jadi untuk menuju ke sana kita harus mencari pemain-pemain."

"Siapa yang bisa kita bawa di sana, siapa yang enggak. Tapi kalau kita tidak coba dia di pertandingan, kita tidak bisa tahu nih, kualitas pemain tersebut. Jadi di situ di salah satu sisi kita akan mencari pemain-pemain yang akan siap untuk di kualifikasi AFC," papar Nova.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat