yoldash.net

Pemain Belanda Berdarah Maluku Buka Suara soal Pakai Nomor Cruyff

Di Euro 2024, Reijnders mengenakan nomor punggung 14 yang identik dengan mendiang legenda Belanda Johan Cruyff.
Gelandang Belanda Tijjani Reijnders memiliki keterikatan darah dengan Indonesia dari ibunya. (AFP/JOHN THYS)

Jakarta, Indonesia --

Pesepakbola keturunan Maluku, Indonesia, Tijjani Reijnders, menjadi tulang punggung Timnas Belanda di putaran final Euro 2024 di Jerman.

Gelandang AC Milan itu terus dipercaya Pelatih Ronald Koeman untuk bermain di sentral tim oranye tersebut di dua laga terakhir, matchday 1 dan 2.

Jelang matchday 3 atau laga pamungkas fase grup, pria yang mendapatkan darah Indonesia dari ibunya, Angelina Lekatompessy, bercerita soal nomor punggungnya di timnas Belanda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Reijnders mengenakan nomor punggung 14, nomor yang identik dengan mendiang legenda Belanda Johan Cruyff. Dia pun buka suara soal kenapa dirinya bisa menggunakan nomor yang identik dengan Cruyff tersebut.

"Saya sungguh tak bisa membandingkan diri saya dengan Johan Cruyff. Dia seorang legenda. Sangat sulit bagi siapapun untuk menggapai levelnya," kata Reijnders seperti dikutip dari laman resmi UEFA Euro 2024, Senin (24/6).

Meskipun demikian, Reijnders mengaku terhormat bisa mengenakan 'nomor warisan' Cruyff di Euro 2024 ini. Selain di Timnas Belanda, dia mengenakan nomor punggung yang sama di AC Milan.

"Sungguh luar biasa saya bisa mengenakan nomor ini, baik di klub saya maupun di tim Belanda. Ketika saya memiliki peluang untuk mengambil [nomor punggung], itu bukanlah sebuah pilihan yang sulit," kata pria yang mengaku mengidolakan Lionel Messi dan Andres Iniesta tersebut.

Sebelum menjadi tulang punggung Belanda, dua tahun lalu saat masih di kelompok umur, Reijnders masuk daftar minat pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi pada awal 2022.

Ketika itu pemain berpaspor Belanda ini sedang dipinjamkan Alkmaar Zaanstreek (AZ) ke RKC Waalwijk dan penampilannya lumayan mentereng. Namun, pada akhirnya, di Februari 2022, Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani mengumumkan Reijnders menolak untuk bergabung dengan Timnas Indonesia dengan alasan yang tak dijelaskannya secara spesifik.

Kala itu, kepada Indonesia.com, Hasani mengaku mendapatkan kabar ini dari koleganya di Eropa yang sudah berkomunikasi langsung dengan manajer Tijjani Reijnders.

"Tidak bilang alasan yang spesifik Mas. Dia hanya bilang belum berminat untuk saat ini," ujar Hasani pada 18 Februari 2022 itu.

Infografis Etalase Johan Cruyff, Sang Jiwa Total Fotball

Reijnders kemudian merasakan debut bersama timnas senior Belanda pada 7 September 2023 saat melawan Yunani. Dia masuk sebagai pemain pengganti di laga kualifikasi Euro tersebut.

Setelah itu, dia terus diberi kepercayaan oleh Koeman untuk bermain di kualifikasi Euro bersama timnas Belanda.

Sebetulnya di skuad Belanda untuk Euro 2024 ini bukan hanya Reijnders saja yang masih keturunan Indonesia. Bek kiri, Ian Maatsen pun masih bertalian darah dengan Indonesia.

Bek Dortmund pinjaman dari Chelsea itu masih merupakan keturunan Jawa-Suriname.

Mereka menambah sejarah keturunan Indonesia yang memperkuat timnas Belanda. Di dekade 2000an, publik mengenal Denny Landzaat dan Giovanni van Bronckhorst. Van Bronckhorst bahkan menjelma jadi bek kelas dunia dan pernah menjadi kapten timnas Belanda di Piala Dunia 2010.

Belanda harus berjuang memperebutkan tiket ke babak 16 besar Euro 2024 dari Grup D. Berhasil menang pada matchday 1 atas Polandia, Belanda harus ditahan Prancis di matchday 2. 

Dengan torehan tersebut, Belanda saat ini ada di puncak Grup D dengan empat poin bersama Prancis. Di peringkat tiga adalah Prancis yang telah mengumpulkan tiga poin, dan Polandia di juru kunci tanpa poin.

Pada matchday 3 malam nanti, Belanda akan menghadapi Austria dan Prancis versus Polandia. Kickoff kedua laga itu dilakukan pada waktu bersamaan, Selasa (25/6) pukul 23.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]



(kid/kid)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat