yoldash.net

Persaingan Panas Bek Tengah Timnas Indonesia, Rizky Ridho Tergusur?

Persaingan sengit akan terjadi di jantung pertahanan Timnas Indonesia untuk laga melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Rizky Ridho berpotensi kehilangan posisi starter di Timnas Indonesia. (Dok. AFC)

Jakarta, Indonesia --

Persaingan sengit akan terjadi di jantung pertahanan Timnas Indonesia untuk laga melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, 6 Juni dan 11 Juni mendatang.

Pelatih Shin Tae Yong telah menetapkan 22 pemain pilihannya. Dibandingkan lini yang lain, persaingan di lini belakang khususnya posisi jantung pertahanan paling keras.

Hal ini dikarenakan Shin Tae Yong memanggil Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, dan Jay Idzes. Kecuali Ferarri, empat nama lainnya langganan starter di Timnas Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Idzes bisa dikatakan sebagai pendatang baru dibandingkan pemain berposisi bek tengah yang lain. Namun, pemain Venezia itu langsung jadi starter saat Tim Garuda meraih dua kemenangan atas Vietnam pada Maret lalu.

Kembalinya Jordi Amat yang absen karena cedera saat melawan Vietnam juga menambah sengit persaingan. Belum lagi keberadaan pemain serba bisa macam Sandy Walsh dan Nathan Tjoe-A-On.

ADVERTISEMENT

Sandy dan Nathan telah membuktikan punya kapasitas dan kualitas untuk dimainkan oleh Shin Tae Yong sebagai bek tengah.

Melihat nama-nama pemain yang dipanggil, Jordi Amat dan Jay Idzes hampir pasti jadi starter jika dalam kondisi fit. Satu pemain lainnya di posisi bek tengah agaknya mengarah ke Hubner.

Hubner lebih favorit ketimbang Rizky Ridho karena kebutuhan pemain berkaki kidal di posisi bek tengah kiri. Ini ditambah kecenderungan STY memang lebih sering memainkan pemain dengan kaki kidal di posisi tersebut.

Ridho secara kemampuan tak perlu diragukan. Ia memiliki kedewasaan dalam bermain di atas rata-rata untuk pemain yang baru berusia 22 tahun.



Ia juga termasuk sosok yang diandalkan. Terbukti ia sudah mengoleksi 36 caps bersama Timnas Indonesia.

Namun demikian, berat buat Ridho untuk tetap bermain di posisi starter jika melihat komposisi pemain yang dipanggil untuk melawan Irak dan Filipina. Kans pemain Persija Jakarta itu akan terbuka jika STY coba bereksperimen dengan menempatkan Jay Idzes atau Hubner sebagai gelandang bertahan di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(jal/har)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat