yoldash.net

Salip BIll Gates, Eks CEO Microsoft Jadi Orang Terkaya ke-6 Dunia

Steve Ballmer untuk pertamakalinya menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya keenam dunia versi Bloomberg pada Senin (1/7).
Steve Ballmer untuk pertamakalinya menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya keenam dunia versi Bloomberg pada Senin (1/7). (Getty Images via AFP/KATELYN MULCAHY).

Jakarta, Indonesia --

Mantan CEO Microsoft Steve Ballmer menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya keenam dunia versi Bloomberg pada Senin (1/7).

Lonjakan harta Ballmer terjadi saat saham Microsoft naik ke rekor baru, sehingga total keuntungannya tahun ini melesat menjadi 21 persen. Kekayaan Ballmer untuk pertama kalinya melampaui harta sang pendiri perusahaan.

Microsoft, melalui kemitraannya dengan OpenAI, menjadi salah satu penerima manfaat terbesar dari peningkatan kecerdasan buatan yang telah mendorong pasar saham AS lebih tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, lebih dari 90 persen kekayaan bersih Ballmer senilai US$157,2 miliar memang berada di saham Microsoft.

ADVERTISEMENT

Gates mendirikan Microsoft bersama temannya Paul Allen pada 1975 dan memimpinnya hingga tahun 2000, ketika Ballmer - salah satu karyawan awal perusahaan - menggantikannya sebagai CEO.

Ballmer pensiun pada tahun 2014 dan menjadi pemegang saham terbesar Microsoft pada tahun yang sama. Dia membeli Los Angeles Clippers milik NBA seharga US$2 miliar pada tahun 2014, sebuah investasi yang diperkirakan bernilai US$4,6 miliar.

Sementara itu, Gates mendiversifikasi kekayaannya sebesar US$156,7 miliar. Rinciannya, sekitar setengah kekayaannya disimpan melalui Cascade Investment, yang diperoleh dari hasil penjualan saham Microsoft dan dividen. Gate juga memiliki saham senilai US$21 miliar di perusahaan pengelolaan limbah Republic Services Inc. melalui Cascade.

Harta Gates perlahan-lahan menyusut karena kegiatan filantropi. Bersama mantan istrinya Melinda French Gates dan temannya Warren Buffett, Gates telah menyalurkan miliaran dolar dari uang pribadinya untuk membangun Gates Foundation senilai US$75 miliar, salah satu organisasi amal terbesar di dunia.

Pada 2010, Gates, French Gates, dan Buffett juga mendirikan Giving Pledge, sebuah organisasi yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka selama hidup.

[Gambas:Video CNN]



(sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat