yoldash.net

Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat. Ekosistem ini terbesar di Asia Tenggara.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat. Ekosistem ini terbesar di Asia Tenggara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).

Jakarta, Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat. Ekosistem ini merupakan konsorsium Hyundai Motor Group dan LG Enery Solution dengan nilai investasi sebesar Rp160 triliun.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Pada hari ini saya resmikan pabrik dan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia," katanya, Rabu (3/7).

Jokowi mengatakan bahwa pabrik baterai listrik ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan menjadi tonggak komitmen Indonesia untuk menjadi pemain global di ekosistem baterai sel dan kendaraan listrik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun yakin Indonesia bisa bersaing dengan negara manapun karena memiliki nikel, bauksit, tembaga, dan smelter.

ADVERTISEMENT

"Kemudian masuk ke EV baterai, kemudian pabrik mobilnya ada di sini, terintegrasi dalam sebuah ekosistem untuk mobil listrik. Siapa yang bisa menghadang kita kalau kondisinya sangat kompetitif seperti itu," katanya.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah tetapi berpuluh-puluh tahun hanya mengekspor dalam bentuk bahan mentah.

Akibatnya, tidak ada nilai tambah tetapi bahan baku semakin habis.

"Tetapi sekarang dengan dibangunnya smelter dengan dibangunnya pabrik sel baterai kendaraan listrik kita akan menjadi pemain global yang penting dalam global suplai chain untuk kendaraan listrik, " katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat