yoldash.net

Bos Bappenas Ungkap 46 Persen Penerima Bansos Salah Sasaran

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan 46 persen penerima bansos tidak tepat sasaran karena buruknya pendataan.
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan 46 persen penerima bansos tidak tepat sasaran karena buruknya pendataan. (Foto: CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan 46 persen penerima bantuan sosial (bansos) tidak tepat alias salah sasaran.

Angka itu diungkap Suharso dalam Peluncuran Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek): Wujudkan Satu Data Menuju Indonesia Emas 2045 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (20/6) dikutip Detikfinance.

"Data yang dievaluasi Bappenas akibat adanya exclusion dan inclusion error itu kira-kira sekitar 40-an persen itu melenceng, (tepatnya) 46 persen tidak tepat," ungkap Suharso.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan besarnya jumlah penerima bansos yang salah sasaran karena buruknya pendataan. Karena itu, pemerintah merilis Regsosek yang bakal menjadi basis data penerima bansos.

ADVERTISEMENT

Regsosek merupakan basis data yang memiliki informasi seputar sosial ekonomi hampir 100 persen penduduk Indonesia. Data Regsosek mengidentifikasi kesejahteraan penduduk dari yang termiskin hingga paling sejahtera dengan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Data Regsosek meliputi informasi kependudukan, geospasial, kondisi perumahan, sanitasi dan air bersih, ketenagakerjaan, aset dan kepemilikan usaha, pendidikan, kesehatan, penyandang disabilitas dan program perlindungan sosial.

Dengan adanya Regsosek, Suharso berharap angka penyaluran bansos salah sasaran bisa diturunkan menjadi 30 persen pada akhir tahun ini.

"Dengan Regsosek ini mudah-mudahan dia (ketepatan penerima) akan meningkat secara bertahap. Kita berharap 70 persen dan nantinya mencapai 100 persen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat