yoldash.net

Wamen BUMN Sebut Bakal Ada Bank Emas, Dikelola Pegadaian

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya akan membentuk bank emas atau bullion bank.
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya akan membentuk bank emas atau bullion bank. (Foto: CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi)

Jakarta, Indonesia --

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya akan membentuk bank emas atau bullion bank.

Menurutnya emas merupakan instrumen investasi paling aman di tengah ketegangan geopolitik dan indeks dolar Amerika Serikat (AS) yang fluktuatif.

"Ini kita mau dorong lagi dan kita lagi menyelesaikan dengan pemerintah untuk ada izin bank bullion," katanya di The Gade Tower, Jakarta, dikutip detikfinance, Selasa (7/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiko, sapaan akrabnya, mengatakan bank emas nantinya berada di bawah PT Pegadaian. Menurutnya, BUMN tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan emas.

ADVERTISEMENT

"Dan itu memang hanya Pegadaian di Indonesia yang punya kemampuan menyimpan emas. Satu Indonesia itu bahkan mungkin 100 ton emas yang jadi jaminan Pegadaian maupun di tabungan emas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan produk-produk untuk bank emas. Produknya antara lain tabungan emas dan pinjaman emas.

Namun, Pegadaian masih menunggu aturan dari Otoritas jasa Keuangan (OJK).

"Untuk mekanisme produk sudah ada, misalnya masyarakat mau nabung emas, dapat margin emas bisa. Atau mungkin pengusaha emas mau pinjam emas, bukan duit loh ya, pinjam emas, kembali emas bisa," ungkapnya.

Sebelumnya, bank emas sudah dicanangkan oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, bullion adalah emas, perak, atau logam mulia lainnya dalam bentuk batangan, ingot, atau koin. Nantinya, ada satu tempat untuk menampung emas batangan tersebut.

Dari segi fungsi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bank emas akan memegang peranan penting dalam arus emas untuk kegiatan ekspor impor.

Bank emas akan memberi manfaat berupa penghematan devisa bagi pemerintah. Sementara itu, bagi industri sebagai sumber pembiayaan proyek.

Sedangkan bagi bank sendiri kehadiran bullion bank bisa menjadi diversifikasi produk dan bagi masyarakat bullion bisa mendapatkan imbal hasil (return) dari simpanannya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat