yoldash.net

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia

Menkeu Sri Mulyani dan Bos Pertamina Nicke Widyawati masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh dunia Forbes tahun ini.
Menkeu Sri Mulyani dan Bos Pertamina Nicke Widyawati masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh dunia Forbes tahun ini. (brin.go.id).

Jakarta, Indonesia --

Majalah bisnis yang berbasis di Amerika Serikat, Forbes kembali merilis daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia pada 2023 ini.

Dalam daftar tersebut ada dua perempuan Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes pada tahun ini.

Pertama, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia menduduki peringkat 47 wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun ini. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani dipandang sukses meningkatkan pendapatan negara melalui  reformasi perpajakan dengan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

ADVERTISEMENT

Sri Mulyani juga dipandang sukses melaksanakan reformasi dan mempromosikan kesetaraan gender saat ia berada di Bank Dunia.

Sri Mulyani yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010 juga dianggap sukses membantu memandu transisi Indonesia dari negara otokrasi ke demokrasi.

Sedangkan perempuan Indonesia kedua adalah Nicke Widyawati. Bos Pertamina ini berada di peringkat 51 wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun ini.

Sementara itu di papan atas wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun ini ditempati oleh Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Penyanyi-penulis lagu Amerika, Taylor Swift.

"Pada tahun yang dibayangi oleh gejolak ketidakpastian dan ketidakstabilan, perempuan adalah yang paling berkuasa di dunia memanfaatkan pengaruh mereka di luar wilayah tradisional untuk mendorong transformasi besar. Dan itulah mereka," kata Wakil Presiden Eksekutif di Forbes Moira Forbes.

"Saat kita bergulat dengan konvergensi krisis global, kepemimpinan mereka sangat nyata," tambahnya.

Sementara itu Editor Forbes Women Maggie McGrath mengatakan daftar wanita paling berpengaruh dunia tahun ini cukup uni.

"Selama 20 tahun terakhir biasanya daftar wanita paling berpengaruh di dunia yang kami dokumentasikan itu selalu berkaitan dengan perubahan cara memperoleh dan menerapkan kekuasaan secara global. Tapi daftar tahun ini menggambarkan ada ikon hiburan yang berada di peringkat teratas bersama para politisi global dan pemimpin paling berpengaruh di dunia bisnis," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat