yoldash.net

Baju Astronaut Bocor, NASA Batalkan Misi Spacewalk di ISS

Dua astronaut NASA melaporkan ada banyak air ketika mengalihkan pakaian mereka ke daya internal untuk mempersiapkan spacewalk.
Ilustrasi. Dua astronaut NASA melaporkan ada banyak air ketika mengalihkan pakaian mereka ke daya internal untuk mempersiapkan spacewalk. (Foto: Pexels)

Jakarta, Indonesia --

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membatalkan misi berjalan di luar angkasa atau spacewalk di International Space Station (ISS) pada Senin (24/6). Misi ini batal buntut kebocoran cairan pendingin pakaian antariksa di palka.

Dua astronaut yang sedianya menuntaskan misi tersebut, Tracy Caldwell Dyson dan Mike Barrat mendapat informasi dari Mission Control sekitar pukul 08.52 EDT untuk membatalkan rencana spacewalk selama 6,5 jam di ISS.

Keduanya telah beralih ke daya internal dalam pakaian mereka pada pukul 8:46 pagi, yang berarti secara teknis spacewalk telah dimulai. Setelah pembatalan, para astronot membuka pintu ke ISS pada pukul 9:51 pagi EDT, sekaligus secara resmi mengakhiri spacewalk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam sebuah siaran langsung yang disiarkan NASA, dua astronaut tersebut melaporkan ada banyak air ketika mengalihkan pakaian mereka ke daya internal untuk mempersiapkan aktivitas luar angkasa.

Kebocoran itu disebut berasal dari umbilikus servis dan pendingin (SCU) pada pakaian antariksa Dyson. Meskipun situasinya serius, para astronaut tidak berada dalam bahaya karena kebocoran itu.

NASA, dalam pernyataan resminya, mengungkap keputusan untuk membatalkan misi itu karena tidak jelas berapa banyak air yang tersisa di pakaian Dyson setelah kebocoran.

"Saya bisa melihat kristal-kristal es mengalir di luar sana, dan kemudian, seperti mesin salju, ada es yang terbentuk di pelabuhan di SCU," kata Dyson kepada Mission Control, mengutip Space, Selasa (25/6).

SCU dirancang untuk terhubung ke airlock ISS saat para astronot berada di palka untuk mempersiapkan tahap akhir pelepasan EVA. Mereka masih berada di dalam palka ketika kebocoran terjadi, dengan pintu eksternal terbuka, tetapi menutupnya beberapa saat setelah perjalanan antariksa dihentikan.

"Itu adalah badai salju yang cukup mengesankan," kata astronot Butch Wilmore dalam siaran langsung NASA.

Ini kedua kalinya misi spacewalk khusus ditunda. Percobaan pertama pada 13 Juni oleh astronaut Matt Dominick dan Tracy Dyson ditunda karena masalah "ketidaknyamanan pakaian antariksa" yang dialami Matt.

Spacewalk pada 2 Juli seharusnya juga dilakukan, tetapi tidak jelas apakah itu akan tetap dilakukan dalam situasi seperti ini.

Total durasi perjalanan antariksa itu adalah 31 menit, berdasarkan waktu yang berlalu antara pergantian pakaian ke tenaga internal dan menekan ulang airlock kru. Hal ini menjadikan total waktu EVA Tracy Dyson menjadi 23 jam dan 20 menit dalam empat kali perjalanan antariksa, dan total waktu Mike Barratt menjadi 5 jam dan 37 menit dalam tiga kali EVA.

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat