yoldash.net

Parto Patrio Blak-blakan soal Kekhawatiran Jelang Operasi Ketiga

Parto Patrio cerita soal kekhawatiran jelang operasi ketiga yang akan ia jalani Juni 2024 akibat penyakit batu ginjal.
Parto Patrio cerita soal kekhawatiran jelang operasi ketiga yang akan ia jalani Juni 2024 akibat penyakit batu ginjal. (dok. Photo)

Jakarta, Indonesia --

Parto Patrio mengaku sempat khawatir jelang operasi ketiga atas batu ginjal yang ia derita. Ia mengaku ada situasi kesehatan yang membuatnya cemas setelah operasi kedua beberapa waktu lalu.

Hal tersebut yang membuatnya menyempatkan diri kontrol ke dokter saat liburan di Singapura. Sementara itu, operasi ketiga dijadwalkan berlangsung akhir Juni 2024 di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Operasi ketiga, nyopot stent, ini yang buat saya khawatir," kata Parto seperti diberitakan detikcom, Kamis (16/5).

"Begitu jalan, begitu buang air kecil campur darah. Kenapa ini? Saya langsung tanya dokter katanya, 'karena Mas Parto banyak jalan stent gesekan dengan kandung kemih,'" cerita Parto.

ADVERTISEMENT

Ia kemudian menceritakan awal mula masalah kesehatan yang membuatnya kini bersiap menjalani operasi batu ginjal ketiga. Parto mengaku sudah merasakan sakit seminggu sebelum Idulfitri 2024.

[Gambas:Video CNN]



Komedian itu kemudian minum obat, tapi rasa sakit semakin tidak tertahankan terutama saat hendak berlibur ke Bali bersama keluarga. Sehingga, ia memutuskan memeriksakan diri ke dokter.

"Kami mau berangkat ke Bali, sakit udah enggak tahan, periksa sama dokter di CT scan, besoknya setelah dilihat hasilnya, 'Mas di salurannya itu ada batu ginjal. Ukuran 0,4 cm, ini bisa ditembak bisa langsung pulang,'" ucap Parto.

Namun, Parto saat itu malah meminta obat dan memilih pulang karena mau bersiap-siap ke Bali. Menurut sang istri, Diena, dokter mengizinkan hal itu.

Parto pun liburan dan berniat ke dokter setelah pulang dari Bali. Namun, ia terus merasakan sakit meski sudah mengonsumsi obat dan akhirnya kembali ke rumah sakit. Kondisi tersebut yang kemudian membuatnya jadi jalani operasi pertama kali.

"Saya buang air udah mulai nggak enak (anyang-anyangan). Pagi-paginya gitu, sorenya sudah sakit menjalar," cerita Parto.

"CT scan ketahuan batu ginjalnya sudah turun," ungkapnya mengenai tindakan operasi pertama kali.

Selepas operasi, Parto mengaku masih merasakan sakit di bagian perut dan saat hendak buang air. Rasa sakit ia rasakan sekitar dua hari setelah operasi pertama dan kembali lakukan CT scan pada H+3.

Sehari bermalam di rumah sakit, saat akan pulang dari rumah sakit Parto merasakan perutnya kembung.

"Begitu mau pulang, Jumat malam melintir lagi, kembung enggak bisa BAB, enggak bisa buang air kecil. Sabtu pagi ke rumah sakit lagi CT scan lagi ternyata batunya masih ada," tutur Parto menceritakan penyebab dirinya menjalani operasi batu ginjal kedua kali.

Parto Patrio sebelumnya dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (23/4) malam yang kabarnya dibagikan oleh istrinya, Dina Risty, lewat Instagram. Saat itu, Parto dibawa ke RS menggunakan ambulans dan ditemani oleh dua anak perempuannya.

Dina membagikan momen ketika Parto menjalani operasi pertama yang dijalankan pada keesokan harinya. Namun, kala itu belum diketahui penyakit apa yang diderita sang pembawa acara.

Salah satu sahabat, Eko Patrio, kemudian mengungkapkan Parto sudah mengalami sejak lama. Berdasarkan keterangan dari Dina, Eko mengatakan Parto mengidap sakit ginjal.

(chri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat