yoldash.net

Kahitna Remake Sejauh Dua Benua, Persembahan untuk Carlo Saba

Kahitna melepaskan single berjudul Sejauh Dua Benua pada 19 April 2024 yang dipersembahkan kepada mendiang Carlo Saba.
Kahitna melepaskan single berjudul Sejauh Dua Benua yang sudah rilis pada 19 April 2024. (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi)

Jakarta, Indonesia --

Kahitna melepaskan single berjudul Sejauh Dua Benua yang sudah rilis pada 19 April 2024. Karya ini merupakan hasil remake dari lagu yang sebelumnya dibawakan oleh Arsy Widianto dan Brisia Jodie.

Lagu ini dirilis tepat satu tahun setelah Carlo Saba, salah satu personel Kahitna, meninggal dunia. Karya ini juga dipersembahkan sebagai bentuk memperingati kepergian mendiang pada 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Single terbaru Kahitna ini hadir di tengah persiapan mini album terbaru mereka. Yovie Widianto, pentolan Kahitna, mengungkap lagu Sejauh Dua Benua merupakan salah satu dari beberapa lagu yang telah direkam sebelum mendiang Carlo sakit.

"Proses rekamannya itu memang Kahitna sedang membuat album yang akan dibagi dalam dua EP (Extended Play). Nah, dalam prosesnya itu, sekitar sebelum almarhum sakit, kami sudah sempat merekam beberapa lagu," ungkap Yovie Widianto saat konferensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

"Saya ingat ada tiga lagu yang saya bawa ke workshop waktu itu, ada lagu ini. Lagu Sejauh Dua Benua ini adalah salah satu lagu favoritnya almarhum yang pada waktu itu memang diminta coba untuk kami bawakan dengan gayanya kami," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]



Sejauh Dua Benua berbeda dengan momentum sebelumnya ketika lagu-lagu Kahitna dibawakan ulang oleh penyanyi dan anak-anak muda lainnya. Beberapa di antaranya, lagu Mantan Terindah yang dibawakan Raisa, serta Arsy dan Tiara Andini, atau Andai Dia Tahu yang dibawakan oleh RAN.

Kini, Kahitna melakukan hal sebaliknya dengan mengemas dan merilis ulang Sejauh Dua Benua. Hal itu juga diakui mereka sebagai momentum untuk mengapresiasi generasi baru yang telah meneruskan semangat musik Kahitna.

"Saya sangat senang sekali kenapa lagu Sejauh Dua Benua ini dibawakan juga karena Kahitna itu lagu-lagunya, dalam perjalanan lagunya sangat banyak sekali di-cover atau dibawakan ulang oleh penyanyi-penyanyi ternama di Indonesia saat ini," ucap Yovie.

"Dan, ini sebagai bentuk terima kasih kami, Kahitna, untuk para musisi muda, untuk para pecinta musik Kahitna, untuk memberikan apresiasi dengan membawakan lagu-lagu yang mereka justru membawakan duluan," lanjutnya.

Sejauh Dua Benua dibawakan dalam nuansa musik khas Barat yang kuat, tapi tetap dengan ciri khas Kahitna, baik dari progresi, dan harmonisasi vokal dari ketiga vokalisnya. Versi ini berbeda dengan yang dibawakan oleh Arsy dan Jodie dengan nuansa beat mengaluni lagu tersebut.

Single Sejauh Dua Benua ini juga menjadi ajang comeback Kahitna sejak merilis Rahasia Cintaku pada 2016. Single itu juga menjadi pembuka bagi mini album Kahitna yang akan dirilis di masa depan.

(van/pra)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat