yoldash.net

Banyak Sampah, Wisata Bromo Ditutup 25-26 April 2024 untuk Pembersihan

Ini menjadi aksi pembersihan tahap kedua di kawasan wisata Gunung Bromo, setelah pada tahap pertama bersih-bersih mengangkat sekitar 3,5 ton sampah.
Ilustrasi Suasana Gunung Bromo, Jawa Timur. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, Indonesia --

Gunung Bromo kembali ditutup oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) untuk aktivitas wisata pada 25-26 April 2024. Alasan penutupan itu karena akan dilakukan pembersihan kawasan.

Pada awal April 2024, kegiatan pembersihan kawasan Gunung Bromo juga sempat dilakukan. Banyaknya sampah di kawasan wisata Gunung Bromo membuat kegiatan pembersihan lebih sering dilakukan.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (23/4), menyatakan, penutupan wisata Bromo untuk pembersihan bertujuan memberikan edukasi kepada pengunjung bahwa persoalan sampah bisa dicegah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami ingin memberikan edukasi kepada pengunjung, bahwa sampah itu adalah masalah yang besar dan harus dicegah bersama," ujar Septi, seperti dikutip Antara, Selasa (23/4).

ADVERTISEMENT

Pihak BB TNBTS meminta wisatawan yang berkunjung ke kawasan taman nasional tidak membuang atau meninggalkan sampah. Septi menganjurkan sampah bisa disimpan terlebih dahulu, dan baru dibuang ketia menemukan tempat sampah yang disediakan di taman nasional.

BB TNBTS sangat berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan di kawasan taman nasional. Septi mengatakan, TNBTS mengharapkan tanggung jawab lebih dari para pengunjung untuk masing-masing sampah.

"Kawasan taman nasional bukan tempat pembuangan sampah. Itulah sebabnyakami tidak menyediakan banyak tempat sampah, karena kami berharap pengunjung bisa bertanggung jawab pada sampah masing-masing," jelasnya.Pembersihan kawasan Gunung Bromo tahap pertama telah dilakukan pada 4 April mulai pukul 00.01 WIB hingga 5 April 2024 pukul 23.59 WIB. Kemudian, pembersihan tahap kedua bakal dilaksanakan pada 25 April pukul 00.01 WIB hingga 26 April 2024 pukul 23.59 WIB.

Sebanyak kurang lebih 3,5 ton sampah dibersihkan di kawasan Gunung Bromo pada aksi pembersihan tahap pertama. Kebanyakan sampah berupa plastik yang dibuang sembarangan oleh pengunjung.

Septi menyebut, pada tahap pertama pembersihan, beberapa titik menjadi lokasi pembersihan sampah antara lain adalah Gunung Penanjakan, Bukit Kedaluh, Simpang Dingklik, Pakis Bincil, Laut Pasir, area sekitar tangga Bromo, puncak Gunung Bromo dan Savana Lembah Watangan.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat