yoldash.net

Telkomsel Raih 3 Penghargaan di TM Forum, Kolaborasi Ciptakan Inovasi

Telkomsel berhasil meraih tiga penghargaan atas inovasinya di industri telekomunikasi dan teknologi dari TM Forum's Innovation Awards 2024 di DTW 2024.
Telkomsel berhasil meraih tiga penghargaan di ajang DTW 2024. (Foto: Dok. Telkomsel)

Jakarta, Indonesia --

Telkomsel mengukir prestasi di kancah internasional dengan meraih tiga penghargaan bergengsi dari TM Forum's Innovation Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas inovasi perseroan di industri telekomunikasi dan teknologi dalam perhelatan Digital Transformation World (DTW) 2024 di Copenhagen, Denmark, Kamis (20/6).

Melalui kolaborasi bersama sejumlah operator dan perusahaan teknologi global, penghargaan yang diterima Telkomsel antara lain Best Moonshot Catalyst-Attendee's Choice Award, Outstanding Catalyst-Rising Star, dan Outstanding Catalyst-Attendee's Choice Award.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyatakan Telkomsel sangat bangga dan antusias mendapatkan apresiasi dan pengakuan internasional dari TM Forum's Innovation Awards 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang senantiasa menyediakan konektivitas, layanan, dan solusi inovatif serta unggul bagi setiap orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/6).

Ia melanjutkan, untuk terus menciptakan terobosan yang terinspirasi dari semangat Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi melalui upaya kolaboratif yang dapat membuka semua peluang dan menciptakan masa depan Indonesia yang gemilang.

ADVERTISEMENT

Pada kategori Best Moonshot Catalyst-Attendee's Choice Award, Telkomsel bersama sejumlah perusahaan yaitu China Mobile, MTN South Africa, Huawei, ZTE, Sand Technologies, Asia Info Technologies China, dan Whale Cloud Technology melalui proyek inovasi 'GenAI for AN'.

Proyek ini memanfaatkan Kecerdasan Buatan Generatif untuk otomatisasi dan optimalisasi jaringan telekomunikasi (Autonomous Network), seperti perencanaan dan pemeliharaan jaringan yang lebih efisien, mulai dari analisis data sampai dengan pengambilan keputusan otomatis.

Kemudian penghargaan Outstanding Catalyst-Rising Star diberikan berkat inovasi 'AI for Customer Perception Network Optimization' yang dikembangkan oleh Telkomsel bersama dengan AIS, China Mobile, China Unicom, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, ZTE dan Inspur Communication Information Systems.

Inovasi ini dinilai telah menunjukkan solusi yang paling menarik, yakni mengembangkan teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Proyek ini juga memanfaatkan big data dan teknologi digital twin untuk mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum pelanggan mengeluh, serta meningkatkan penanganan keluhan menggunakan pengenalan suara dan sinyal.

Sementara itu, penghargaan Outstanding Catalyst-Attendee's Choice Award diberikan kepada Telkomsel, AIS, China Mobile, Globe, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, Hangzhou Eastcom Software Technology dan Sudo Technology.

Dalam kolaborasi ini, mereka berinovasi memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan (decision intelligence) berbasis data untuk meningkatkan Net Promoter Score (NPS) dengan nama proyek 'Data to NPS: Boosting NPS'.

Penghargaan khusus ini dimenangkan Telkomsel bersama mitra berdasarkan pemungutan suara terbanyak dari komunitas TM Forum, peserta acara, dan para juri.

Sebagai informasi, TM Forum's Innovation Awards 2024 merupakan penghargaan yang diberikan oleh TM Forum sebagai sebuah asosiasi global dengan lebih dari 850 anggota yang berkolaborasi mendorong transformasi digital di industri telekomunikasi.

Penghargaan ini dirancang untuk merayakan solusi, proyek, dan kolaborasi yang mendorong transformasi digital dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi bisnis dan masyarakat.

Di dalamnya terdapat The Moonshot Catalyst Awards penghargaan yang mengakui inisiatif atau proyek yang berpotensi membuat terobosan dalam industri teknologi dan telekomunikasi. 

Di samping itu, masih ada The Open Innovation Catalyst Awards, penghargaan atas proyek yang mendorong kolaborasi antara berbagai perusahaan di industri telekomunikasi dan teknologi informasi untuk mengembangkan solusi inovatif yang dapat diimplementasikan di industri.

(rir)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat