yoldash.net

Jokowi Klaim UU Ciptaker Faktor Pengerek Ranking Daya Saing RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) menjadi salah satu faktor utama kenaikan peringkat daya saing Indonesia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) menjadi salah satu faktor utama kenaikan peringkat daya saing Indonesia. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Jakarta, Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) menjadi salah satu faktor utama kenaikan peringkat daya saing Indonesia.

Jokowi menyebut daya saing Indonesia naik ke posisi 27 dunia dari yang sebelumnya 34 berdasarkan data Indeks World Competitiveness Ranking 2024. Indonesia mampu menyalip Jepang hingga Inggris.

"Karena UU Ciptaker kita, kita mengalami peningkatan 8 level. Karena dunia bisnis kita yang semakin kompetitif baik karena ketenagakerjaan maupun produktivitas level kita menjadi naik 6 level," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana negara, Jakarta, Senin (24/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain dua hal tersebut, faktor inflasi dan ekonomi membuat Indonesia berada di level 5.

ADVERTISEMENT

Jokowi juga menyampaikan efisiensi bisnis dalam melihat ketersediaan tenaga kerja dengan jumlah dan kemampuan yang memadai menyebabkan Indonesia berada di level dua.

Kemudian efektivitas manajemen perusahaan hingga masyarakat yang memberikan dukungan lewat perilaku dan budaya turut menyumbang kenaikan peringkat daya saing Indonesia di dunia.

"Dan karena ekonomi kita baik, kita bisa mengendalikan ekonomi, bisa meningkatkan growth pertumbuhan ekonomi. Itu menjadi kenaikan utama dari daya saing Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan kepada jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju agar jangan sampai ada turbulensi politik dalam masa akhir jabatan.

"Secara khusus yang harus menjadi perhatian yaitu stabilitas politik, ini penting agar jangan sampai ada turbulensi politik," kata Jokowi.

Jokowi menyebut dunia internasional akan selalu melihat kondisi perpolitikan di Indonesia terutama pergantian masa jabatannya ke Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto. Oleh sebab itu, ia berharap masa transisi kali ini berjalan dengan baik.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar para menteri terus berhati-hati mengenai isu yang muncul setiap hari.

Ia mengingatkan isu-isu positif di Indonesia juga akan semakin mendorong pasar yakin dan optimis terhadap fundamental perekonomian Indonesia.

"Dan agar transisi dari pemerintah sekarang ke pemerintahan berikut ini mulus dan baik, itu yang selalu dilihat oleh dunia internasional," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(khr/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat