yoldash.net

Seberapa Besar Pasar Durian China hingga Luhut Turun Langsung Jualan?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durian ke China. Seberapa besar pasar durian China?
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durian ke China. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durian ke China.

Luhut menawarkannya ekspor durian saat bertemu dengan Chairman of National Development and Reform Comission (NDRC) Zheng Shanjie di Beijing, China, pada Rabu (12/6).

Indonesia, kata Luhut, akan bekerja sama dengan NDRC untuk mengekspor durian ke China. Tim NDRC telah berkunjung ke Sumatera Utara dan Sulawesi Tengah yang memiliki potensi durian yang besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah itu, Luhut akan bertemu dengan General Administration of Customs China (GACC) untuk mendorong impor protokol durian.

ADVERTISEMENT

Lantas seberapa besar pasar durian di China?

Durian menjadi makanan baru yang populer di China dengan porsi nilai lebih dari US$1 triliun dari industri pengolahan negara tersebut. Durian dijual dengan sekitar 70 yuan hingga 200 yuan atau sekitar Rp157.282 hingga Rp449.338 (kurs Rp2.246 per yuan China) per buah tanpa kulit.

Beberapa penjual di China menjual berbagai olahan durian seperti kue, teh, kopi, dan makanan rebusan panas. Makanan olahan durian populer terutama di kalangan anak muda sehingga harganya semakin hari semakin mahal.

Presiden Akademi Pertanian Hainan Sciences Huang Zheng'en mengatakan Provinsi Hainan harus memperluas rantai industrinya dengan meningkatkan nilai produk durian dan membina merek lokal.

"Hainan harus meluncurkan industri pengolahan durian berdasarkan skala produksi, untuk memperpanjang rantai industri produk ini, dan
meningkatkan nilai tambah mereka," katanya, seperti diberitakan South China Morning Post.

Direktur Institut Pohon Buah Tropis Akademi Ilmu Pengetahuan Pertanian Hainan Feng Xuejie menambahkan provinsi tersebut juga berencana menyelesaikan pabrik pengolahan durian pertama di China pada Agustus mendatang. China, katanya, mempunyai lahan subur yang sangat terbatas untuk menanam durian.

"Di masa depan, negara ini perlu memperluas lebih banyak pengolahan durian industri, menciptakan rantai industri lengkap dengan Asia Tenggara, dan bersama-sama mengembangkan pasar," katanya.

Bea Cukai China mencatat 95 persen durian impor yang masuk ke negara tersebut berasal dari Thailand pada 2022. Namun di tengah meningkatnya persaingan, presentasi durian impor Thailand turun menjadi 65 persen pada tahun lalu.

Pemerintah Thailand mengantisipasi permintaan durian dari China bisa berpotensi meningkat 15 kali lipat di masa mendatang.

"Impor durian dengan kualitas lebih tinggi kemungkinan besar akan mendapat sambutan yang baik, dengan berbagai produk makanan penutup dan minuman yang menggunakan durian berkualitas lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir," kata Kepala Ekonom Tiongkok Raya di ING Think, Lynn Song.

Sementara itu, ekspor durian Vietnam ke China mencapai 45 juta kilogram pada kuartal pertama tahun ini. Jumlah tersebut lebih banyak dari durian Thailand yang hanya 27,3 juta kilogram.

Padahal, Vietnam baru mendapat izin dari Tiongkok pada tahun 2022 untuk memulai pengiriman durian segar.

"Pemerintah (Vietnam) ingin para petani Vietnam mengekspor lebih banyak durian dan para petani sendiri melihat bahwa Tiongkok adalah yang terbesar pasar," kata Ilmuwan Politik Universitas Fulbright Vietnam Nguyen Thanh Trung.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat