yoldash.net

Tokopedia Dikabarkan Akan PHK 450 Karyawan

Induk perusahaan TikTok, ByteDance, dikabarkan akan melakukan PHK terhadap 450 karyawan Tokopedia pada bulan ini.
Induk perusahaan TikTok, ByteDance, dikabarkan akan melakukan PHK terhadap 450 karyawan Tokopedia pada bulan ini. (Foto: REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)

Jakarta, Indonesia --

Induk perusahaan TikTok, ByteDance, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 450 karyawan Tokopedia.

PHK tersebut menjadi yang pertama usai TikTok mengakuisisi Tokopedia pada Desember lalu.

Melansir Bloomberg, PHK tersebut menyasar sekitar 9 persen dari karyawan Tokopedia dan akan dimulai pada bulan ini. Namun, jumlah pasti karyawan yang kena PHK masih dalam pembahasan dan dapat berubah seiring perubahan kondisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemangkasan jumlah karyawan tersebut menandakan bahwa raksasa media sosial Tiongkok tersebut sedang melakukan perombakan terhadap operasi e-commerce di Indonesia, dengan berupaya mengurangi biaya setelah menggabungkan TikTok Shop dengan Tokopedia milik GoTo.

ADVERTISEMENT

ByteDance disebut mengurangi staf di seluruh tim e-commerce, termasuk periklanan dan operasional dengan tujuan untuk menghilangkan duplikat fungsi.

TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember 2023 lalu.

Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah bendera PT Tokopedia.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat