yoldash.net

KAI Tambah Perjalanan LRT Jabodebek Jadi 336 per Hari

KAl menambah 28 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) menjadi 336 perjalanan mulai Mei 2024.
KAl menambah 28 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) menjadi 336 perjalanan mulai Mei 2024. (Foto: ANTARA FOTO/RIFQI RAIHAN FIRDAUS)

Jakarta, Indonesia --

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAl menambah 28 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) mulai Mei 2024.

Penambahan ini membuat jumlah perjalanan LRT Jabodebek pada weekday mencapai 336 perjalanan setiap harinya. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap tingginya minat masyarakat.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menyebut hal ini merupakan peningkatan kualitas layanan. Langkah ini juga sebagai upaya mengajak masyarakat untuk beralih ke transportasi massal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya itu, penambahan perjalanan juga sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara guna mendukung program pemerintah.

ADVERTISEMENT

"Setelah melakukan evaluasi menyeluruh, kami melihat bahwa tren pengguna harian LRT Jabodebek setiap bulan terus meningkat," ungkap Mahendro melalui keterangan resmi, Senin (6/5).

"Hal ini tidak hanya mencerminkan kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat terhadap layanan kami, tetapi juga menjadi alasan utama di balik keputusan untuk menambah jumlah perjalanan dan meningkatkan pola operasi kami," imbuhnya.

Mahendro menuturkan penambahan perjalanan LRT Jabodebek ini juga merupakan langkah strategis KAl untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih kepada para pengguna.

Bertambahnya jumlah perjalanan LRT Jabodebek membuat waktu tunggu antar kereta (headway) menjadi lebih singkat. Dengan pola operasi 336 perjalanan, headway LRT Jabodebek berkurang menjadi 5,5 menit pada jam sibuk (peak hour) di lintas Cawang - Dukuh Atas, dan 1 menit di lintas Jati Mulya - Cawang serta Harjamukti - Cawang.

Selain itu, dengan penambahan jumlah perjalanan membuat LRT Jabodebek jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Dukuh Atas menjadi lebih malam.

Mulai Mei, jadwal keberangkatan LRT Jabodebek paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menjadi pukul 22.16 WIB untuk tujuan Jati Mulya, dan pukul 22.21 WIB untuk tujuan Harjamukti.

Mahendro menilai langkah-langkah ini mencerminkan komitmen KAl untuk terus mengoptimalkan operasional LRT Jabodebek dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan fokus pada inovasi dan keselamatan pengguna, KAl bersama dengan para stakeholder, akan terus bekerja sama untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang luar biasa bagi pengguna LRT Jabodebek.

Dukungan dari pemerintah ini ditunjukkan dengan mash diterapkannya tarif promo LRT Jabodebek sampai akhir Mei mendatang. KAl berharap dengan penambahan jumlah perjalanan ini, minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek juga semakin meningkat.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil bagian dalam menggunakan transportasi massal sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan dan merasakan kenyamanan perjalanan bersama LRT Jabodebek," ujar Mahendro.

LRT Jabodebek melayani lebih dari 3,8 juta pengguna pada kuartal pertama 2024. KAl memprediksi jumlah pengguna LRT Jabodebek akan terus tumbuh setiap bulan.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat