yoldash.net

Airlangga Pamerkan Program Kartu Prakerja Bantu 18,7 Juta Orang

Menko Perekonomian Airlangga memamerkan program Kartu Prakerja membantu 18,7 juta masyarakat Indonesia.
Menko Perekonomian Airlangga memamerkan program Kartu Prakerja membantu 18,7 juta masyarakat Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pamer di hadapan petinggi negara Kawasan Asia Pasifik tentang kesuksesan Kartu Prakerja.

Ia hadir secara virtual dalam High-Level Thematic Roundtable on Digital Innovations for Achieving the Sustainable Development Goals. Ini merupakan rangkaian The 80th session of the Economic and Social Commission for Asia and the Pacific.

"Program Kartu Prakerja sukses besar," pamer Airlangga dalam sambutannya, Selasa (23/4), dikutip dari keterangan resmi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"(Prakerja) memberikan manfaat bagi 18,7 juta masyarakat Indonesia di 514 kabupaten/kota di 38 provinsi. Dengan 51 persen peserta perempuan, 12 persen peserta berusia di atas 50 tahun, dan 3 persen peserta penyandang disabilitas," jelasnya.

ADVERTISEMENT

Airlangga menekankan Indonesia berniat terus mendorong inovasi digital. Harapannya, upaya ini bisa mempercepat pengembangan ekonomi digital sebagai pilar strategis menuju perekonomian Indonesia yang lebih maju.

Pria yang juga merupakan ketua umum Partai Golkar itu mengatakan Indonesia berkomitmen memperkuat aspek penelitian dan pengembangan alias litbang secara komprehensif. Selain itu, Airlangga menyebut Indonesia juga ingin menggenjot inovasi teknologi.

"Indonesia fokus mewujudkan ekosistem usaha yang produktif, maju, dan bernilai tambah tinggi melalui digitalisasi sektor ekonomi prioritas. Hal ini mencakup fokus khusus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), startup teknologi, serta keamanan siber yang lebih kuat," tuturnya.

Ia menegaskan kehadiran Kartu Prakerja menjadi wadah pengembangan dan peningkatan kompetensi kerja. Program pemerintah ini juga menyasar aspek kewirausahaan bagi para pencari kerja, termasuk pelaku UMKM.

Selain itu, Airlangga menekankan Kartu Prakerja bisa digunakan bagi mereka yang sudah bekerja dan ingin meningkatkan keterampilan atau kompetensinya. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat