yoldash.net

Bali Jadi Destinasi Pernikahan Terpopuler Kedua di Dunia

Bali berhasil meraih predikat sebagai destinasi pernikahan paling populer kedua di dunia pada tahun 2024, menurut survei terbaru oleh Bounce.
Ilustrasi wisata Bali. (iStock/Cheryl Ramalho)

Jakarta, Indonesia --

Dengan pesona alam yang menawan dan keberagaman budaya yang melimpah, Bali kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional.

Pulau Dewata berhasil meraih predikat sebagai destinasi pernikahan paling populer kedua di dunia pada tahun 2024, menurut survei terbaru oleh Bounce. Mendapatkan skor pernikahan yang tinggi, yaitu 8,19/10, membuat Bali berada di antara destinasi pernikahan terbaik di dunia, bersanding dengan Tuscany dan Lake Como di Italia.

Keindahan pantai berpasir putih, terumbu karang yang berwarna-warni, dan sawah yang membentang luas, menjadi latar sempurna bagi pasangan dari seluruh dunia untuk mengikat janji sehidup semati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bali tidak hanya menawarkan lokasi yang eksotis, tetapi juga pengalaman budaya yang autentik membuat momen spesial semakin tak terlupakan.

ADVERTISEMENT

Dengan lebih dari 1,3 juta unggahan di media sosial yang menggunakan tagar #baliwedding, Bali telah menjadi bintang di platform seperti Instagram dan TikTok. Bahkan sepanjang tahun lalu pula terdapat 96 ribu pencarian di Google dengan frasa 'Pernikahan Bali'.

Hal tersebut juga menjadikan Bali sebagai destinasi pernikahan yang paling populer di media sosial di seluruh penjuru dunia. Unggahan-unggahan ini sering kali menampilkan pasangan yang berpose di depan pura suci atau dengan latar belakang pemandangan pantai dan pegunungan yang menakjubkan.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menekankan bahwa Bali memang menawarkan keuntungan unik bagi pasangan, terutama bagi turis India.

"Pasangan India yang menikah di Bali mengatakan bahwa menariknya Bali bukan hanya pada pemandangan maupun kebudayaannya, tapi yang paling penting adalah menikah di Bali lebih murah bagi mereka," kata Sandiaga dalam di Jakarta Futures Forum di Jakarta, Kamis (2/5)

Di samping pengaturan perayaan di Bali, pasangan yang menikah hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket pesawat dan sewa tempat acara. Sementara pengeluaran dapat ditekan menjadi lebih rendah dengan mengundang jumlah tamu yang lebih sedikit.

Terlebih lagi, menurut Sandiaga, sebuah pernikahan di India dapat mencakup hingga 5 ribu tamu, yang berarti biaya yang jauh lebih besar.

"Pasangan India yang menikah di Indonesia tersebut merupakan sebagian dari wisatawan India yang pada periode 2023 mencatatkan kunjungan kedua tertinggi ke Bali setelah turis dari Australia," kata Sandiaga.

Beberapa hotel yang populer di Bali bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas termasuk Prama Sanur Beach, Hilton Garden Inn, dan Royal Tulip Springhill Resort. Pilihan ini menunjukkan bahwa Bali menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran setiap pasangan.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat