yoldash.net

Sandi Respons Pantai yang Dibersihkan Pandawara Kembali Penuh Sampah

Menparekraf Sandiaga Uno buka suara soal pantai terkotor di Indonesia yang sempat dibersihkan Pandawara kembali dipenuhi sampah.
Menparekraf Sandiaga Uno buka suara soal pantai terkotor di Indonesia yang sempat dibersihkan Pandawara kembali dipenuhi sampah. (CNN Indonesia/Khaira Ummah JP).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara soal pantai terkotor di Indonesia yang sempat dibersihkan Pandawara kembali dipenuhi sampah.

Kondisi teranyar Pantai Teluk Labuan di Pandeglang, Banten itu viral di X. Sandi mengaku prihatin dengan kondisi pantai yang kini tampak kembali kotor.

"Ini sangat memprihatinkan," ucap Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Respons kita tentunya karena ini ada aspek cuaca dan lifestyle atau budaya masyarakat, mari sama-sama, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, komunitas, dan media untuk memastikan pantai sangat indah di Labuan, Pandeglang ini bisa terjaga kebersihan dan kelestariannya," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Sandiaga mengapresiasi kelompok pemuda bernama Pandawara Group yang pernah membersihkan sampah di pantai tersebut. Akan tetapi, ia menegaskan jangan sampai pemerintah bergantung pada grup tersebut.

Menurutnya, pihak terkait harus bisa mengerjakan tugasnya dengan benar. Jangan sampai harus menunggu aksi Pandawara baru ikut terjun.

"Kita harus menjaganya. Jangan tiap tahun kita undang Pandawara untuk memobilisasi stakeholder, untuk membersihkan ini. Mohon perhatiannya," pesan Sandi.

Pandawara sempat membersihkan pantai di Banten itu pada Mei 2023 lalu. Mereka memungut tumpukan sampah yang mencapai ribuan karung bersama warga sekitar.

Akan tetapi, video yang viral di X menunjukkan kondisi pantai tersebut kembali buruk di April 2024 ini. Dari video udara terlihat tumpukan sampah kembali memadati Pantai Teluk Labuan di Pandeglang, Banten.

[Gambas:Video CNN]





(skt/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat