yoldash.net

Kereta Api Cepat China Terbaru Resmi Beroperasi

Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin.
Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin. Ilustrasi.Foto: REUTERS/Aly Song

Jakarta, Indonesia --

Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin.

Mengutip Xinhua, kereta api cepat anyar itu menghubungkan Chengdu yang merupakan ibu kota Sichuan, dengan kota Zigong dan Yibin.

"Kereta api berkecepatan tinggi Chengdu-Zigong-Yibin memiliki kecepatan 350 km per jam dan mempunyai 12 stasiun di sepanjang jalur 261 km," tulis laporan tersebut, dikutip Rabu (27/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jalur baru ini disebut melengkapi rel eksisting antara Chengdu dan Guiyang. Kedua jalur itu membentuk lingkaran antara Chengdu dan Yibin.

ADVERTISEMENT

Pemerintah Tiongkok kereta api cepat China bisa memangkas waktu tempuh bagi orang di kota-kota, seperti Yibin dan Zigong yang berada di selatan Sichuan.

Selain itu, daerah lain di provinsi tetangga, yakni Yunnan dan Guizhou, diharapkan dapat lebih terintegrasi ke dalam perekonomian Chengdu-Chongqing.

Zhang Zongwei selaku kepala perusahaan kereta api Chengdu-Zigong-Yibin mengakui medan yang rumit dalam proyek ini. Oleh karena itu, jalur baru ini mempunyai 231 jembatan dan 29 terowongan.

Transportasi ini menjadi bagian dari jaringan kereta api cepat di China, yang berpusat pada delapan jalur vertikal utama penghubung daerah utara dan selatan, serta delapan jalur horizontal yang menghubungkan timur dan barat.

Perkembangan kereta api di China memang semakin melesat belakangan ini. Banyak peluncuran jalur kereta api yang bertujuan mendorong pembangunan ekonomi dan sosial di dalam hingga luar negeri.

Per akhir November 2023, total jarak tempuh pengoperasian jaringan kereta api Tiongkok melebihi 155.500 km. Capaian ini termasuk 43.700 km jalur kereta api berkecepatan tinggi.

Selain membangun infrastruktur kereta di negeri sendiri, China juga menggarap proyek kereta cepat di Indonesia. Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh yang resmi beroperasi sejak awal Oktober 2023 menjadi salah satu contoh karyanya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat