yoldash.net

PM Singapura Lawrence Wong Rangkap Jabatan Jadi Menkeu

Perdana Menteri Singapura yang baru dilantik, Lawrence Wong, bakal merangkap jabatan juga sebagai Menteri Keuangan negara kota tersebut.
Perdana Menteri Singapura yang baru dilantik, Lawrence Wong, juga merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan negara kota tersebut. (REUTERS/Edgar Su)

Jakarta, Indonesia --

Perdana Menteri Singapura yang baru dilantik, Lawrence Wong, juga merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan negara kota tersebut.

Rangkap jabatan ini diketahui dari rilis resmi Kantor PM Singapura yang rilis pada Senin (13/5). Dalam pertanyaan itu, tertera nama Lawrence sebagai perdana menteri sekaligus menteri keuangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Reuters juga melaporkan Lawrence akan tetap memegang posisi menteri keuangan meski telah menjadi perdana menteri.

Lawrence dilantik menjadi PM pada Rabu (15/5) malam di Istana Singapura.

ADVERTISEMENT

"Saya, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan selalu dengan setia menjalankan tugas saya sebagai Perdana Menteri sesuai dengan hukum, dan sesuai pengetahuan dan kemampuan saya, tanpa rasa takut, tanpa niat buruk, dan penuh kasih," kata Lawrence saat berikrar di hadapan presiden dan pejabat lain.

Setelah pembacaan sumpah Lee, acara berlanjut ke pembacaan sumpah wakil perdana menteri dan menteri senior di Kantor Perdana Menteri (Prime Minister's Office/PMO).

Menteri senior Singapura yaki Teo Chee Hean dan Lee Hsien Loong yang merupakan eks PM Singapura.

Sementara itu, wakil perdana menteri dijabat oleh Gan Kim Yong dan Heng Swee Keat.

Selanjutnya pembacaan sumpah para menteri di kabinet Lawrence.

Namun, saat para menteri membaca sumpah Lawrence tak ikut melakukan hal serupa.

Saat menyampaikan pidato, Lawrence menggunakan bahasa Inggris, Melayu dan Mandarin. Di awal-awal dia menggunakan bahasa Inggris, kemudian memakai bahasa Melayu.

"Saudara-saudari sekalian, pada malam hari ini saya mengambil alih perdana menteri dari Mr. Lee," ujar Lawrence di YouTube resmi PM Singapura.

Dia kemudian berujar, "Saya berkhidmat sebaik mungkin bagi semua rakyat Singapura."

Lebih lanjut, Lawrence mengatakan saat ini dunia sedang bergejolak. Namun, dia yakin Singapura bisa menciptakan peluang.

Di kesempatan itu, dia juga berjanji akan bekerja semaksimal mungkin demi rakyat Singapura.

(isa/rds)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat