yoldash.net

5 Cara Sederhana Hilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

Daging kambing memang enak, namun sering mengeluarkan bau prengus jika tak diolah dengan benar. Bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing?
Ilustrasi. Berikut penjelasan tentang bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. (iStockphoto/ac_bnphotos)

Daftar Isi
  • 1. Tidak mencuci daging
  • 2. Pakai parutan nanas
  • 3. Buang lemaknya
  • 4. Beri perasan jeruk nipis
  • 5. Pakai garam
Jakarta, Indonesia --

Daging kambing memang enak, namun sering kali mengeluarkan bau prengus jika tidak diolah dengan benar. Bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing?

Pada dasarnya mengolah daging kambing supaya tidak bau bukan hal yang sulit.

Bagi Anda yang hendak mengolah daging kambing hasil kurban, bisa melakukan beberapa cara ini agar bau tidak sedap pada daging bisa hilang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daging kambing yang tidak bau prengus tentu bisa jadi sajian yang lezat. Entah itu dibuat gulai, sate, atau sajian lain sesuai selera Anda dan keluarga.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Berikut caranya:

1. Tidak mencuci daging

Ternyata cara paling utama agar daging kambing tidak bau adalah dengan tidak mencuci daging tersebut. Daging yang dicuci ternyata bisa menyebabkan bau prengus dan juga jadi lebih alot.

Sebaiknya Anda langsung menambahkan rempah pada daging dan tidak mencucinya atau juga bisa direndam langsung dengan aneka bumbu dan rempah.

2. Pakai parutan nanas

Selain membuat daging lebih empuk, parutan nanas juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging. Cukup rendam daging dalam parutan nanas selama 30 menit.

Ingat jangan terlalu lama, agar daging tidak hancur ketika dimasak.

3. Buang lemaknya

young goat satay from Indonesia, delicious.....!Ilustrasi. Salah satu cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah membuang lemaknya. (iStockphoto/Yamtono_Sardi)

Membuang lemak pada daging kambing juga bisa menghilangkan bau tidak sedap atau bau prengus. Lemak yang dibuang itu adalah lemak berwarna putih yang biasanya menempel pada daging.

4. Beri perasan jeruk nipis

Anda juga bisa memberi perasan jeruk nipis pada daging kambing yang hendak diolah. Selain menghilangkan bau, perasan jeruk nipis juga membantu membunuh bakteri di daging.

5. Pakai garam

ilustrasi garamIlustrasi. Salah satu cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah pakai garam. (iStockphoto/artisteer)

Anda juga bisa memarinasi daging dengan garam untuk menghilangkan bau prengus. Cukup baluri daging dengan garam, diamkan selama kurang lebih 60 menit untuk menghilangkan bau sebelum diolah.

Itulah lima cara bagaimana menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Cara yang mudah dengan bahan-bahan sederhana yang tentu ada di dapur Anda.

(tst/pua)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat