yoldash.net

Wapres Ma'ruf Minta BSI Kerek Porsi Pembiayaan ke UMKM

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI meningkatkan porsi pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI meningkatkan porsi pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (Arsip Setwapres).

Jakarta, Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI meningkatkan porsi pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu ia sampaikan saat membuka acara BSI Internasional Expo 2024 di Jakarta, Kamis (20/6). Menurut Ma'ruf, perhelatan itu hendaknya tidak sekadar menjadi ajang pameran semata.

Namun, juga harus menciptakan nilai tambah nyata bagi perekonomian nasional, serta membuka pasar baru bagi produk Indonesia yang halal berkualitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tingkatkan juga porsi pembiayaan dan fasilitasi pendampingan bagi UMKM dan pelaku usaha industri ini agar mendorong pertumbuhan industri halal dan memacu ekspansi dan inklusi keuangan syariah, serta dana sosial syariah," kata Ma'ruf.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, ia juga meminta bank pelat merah itu untuk mengoptimalkan forum-forum pertemuan antarpelaku usaha seperti acara hari ini. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghasilkan kesepakatan bisnis yang konkret baik nasional maupun global.

Ma'ruf juga mengingatkan BSI untuk memperkuat dukungan terhadap pengembangan sektor-sektor produktif yang menjadi unggulan rantai nilai halal dan peningkatan porsi pembiayaan serta pendampingan.

"Arahkan pengembangan dan pembiayaan BSI untuk menumbuhkan bisnis dan kewirausahaan syariah di sektor-sektor unggulan rantai nilai halal," kata Ma'ruf.

"Seperti pertanian, makanan dan minuman, pariwisata ramah muslim, fesyen, kosmetik, hingga ekosistem bisnis umrah dan haji," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga mengatakan BSI Internasional Expo seyogianya dapat diselenggarakan secara konsisten setiap tahun. Acara itu juga sebaiknya diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia.

Di sisi lain, ia menilai bank syariah harus harus memiliki fasilitas yang bersih.

"Saya bilang syariah itu selain halal, keren. Kemarin sudah meresmikan gedungnya yang terbaik di Aceh. Jadi saya bilang, ini bank syariah harus halal, tapi juga keren. Jangan kumuh," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat