yoldash.net

Menhub: Kereta Tanpa Rel Uji Coba di IKN Agustus 2024

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal diuji coba Agustus mendatang.
Ilustrasi. Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal diuji coba Agustus mendatang. (Foto: Pradita Utama/ )

Jakarta, Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal diuji coba Agustus mendatang.

"Satu lagi yang mungkin ikonik adalah ART. Ini adalah salah satu teknologi kereta api tanpa menggunakan rel, dengan marka dan magnet saja transportasi tersebut menggunakan baterai serta pada Agustus sudah mulai dilakukan uji coba," kata Budi di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/6), mengutip Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi mengatakan pihaknya akan melakukan lelang yang sifatnya lebih permanen terkait ART itu pada Januari 2024.

Menurutnya teknologi kereta tanpa rel yang akan diuji coba di IKN tersebut berasal dari China.

ADVERTISEMENT

"Kami sudah melakukan mediasi atau pendekatan kepada pihak-pihak yang memberikan CSR. Jadi selama enam bulan ini, CSR mereka memberikan layanan gratis dan nanti pada Januari 2024 kita lakukan suatu lelang yang sifatnya lebih permanen," ujar dia.

IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Kehadiran ART di IKN sesuai dengan prinsip tersebut, sebab mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas, dan yang tak kalah penting ramah lingkungan.

ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubtitusikan dengan marka jalan dan magnet. Dengan demikian, kendaraan itu mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi.

IKN diharapkan dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di tanah air dan bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas.

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat