yoldash.net

Pertamina Ungkap Ragam Aksi Kelola Keberlangsungan Air di WWF 2024

Pertamina mengungkapkan dua aksi nyata pengelolaan air dalam Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue yang menjadi rangkaian World Water Forum 2024.
Pertamina dalam Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue yang menjadi rangkaian World Water Forum 2024, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5). (Foto: Arsip Pertamina)

Jakarta, Indonesia --

PT Pertamina menegaskan komitmen untuk mengelola dan memanfaatkan air untuk melindungi sumber air bersih, yang sekaligus menjadi langkah mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) no 6, yakni Air Bersih dan Sanitasi. Komitmen itu juga sejalan dengan upaya Pertamina mengurangi emisi lingkungan.

Hal itu disampaikan oleh Vice President (VP) Sustainability Strategy Pertamina, Suripno, pada Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue yang menjadi rangkaian World Water Forum 2024, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5).

Dalam diskusi panel bertajuk "Flowing Forward Faster: Best Practices in Corporate Water Stewardship", Suripno menyampaikan dua aksi nyata Pertamina yang mendukung keberhasilan program pengelolaan air.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pertama, upaya internal yakni aspek perilaku dan aspek teknologi. Kedua, upaya eksternal melalui kolaborasi dengan komunitas, maupun program Corporate Social Responsibility (CSR). Kami juga menyadari penggunaan air di seluruh rantai nilai bisnis Pertamina, sehingga kami menerapkan sistem dan program pengelolaan air yang memberi dampak Net Positif Water Impact (NPWI)," papar Suripno.

Dirinya memastikan, pengelolaan penggunaan air dilakukan Pertamina secara ketat. Program pengelolaan air berkelanjutan (Sustainable Water Management) dimulai dari mengidentifikasi rantai nilai konsumsi air, penetapan target, hingga implementasi program.

ADVERTISEMENT

Selain itu, metode Pertamina Water Tools dirancang dapat melakukan penilaian cepat terhadap penerapan sistem pengelolaan air di seluruh unit bisnis.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyatakn, berbagai upaya Pertamina dalam keberlanjutan, termasuk pengelolaan air, dipublikasikan dalam Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report), yang dapat diakses di website perusahaan www.pertamina.com.

Publikasi tersebut sekaligus merupakan transparansi Pertamina terhadap pemangku kepentingan atas upaya dan hasil dari program keberlanjutan yang dijalankan.

"Sebagai BUMN, Pertamina tak hanya memiliki peran untuk menjaga kedaulatan energi. Lebih dari itu, Pertamina juga bergerak menjadi perusahaan berkelanjutan dan ramah lingkungan, dengan manfaat yang besar bagi masyarakat dan keberlangsungan lingkungan," kata Fadjar.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat